get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Politisi PKS Karanganyar Rohadi Widodo Dikabarkan Derita Leukemia sebelum Meninggal,Kenali Gejalanya

Selasa, 24 Januari 2023 | 09:23 WIB
header img
Politisi PKS Karanganyar Rohadi Widodo Dikabarkan Derita Leukimia Sebelum Meninggal, Yuk, Kenali Gejalanya (Foto: Instagram)

Jika tubuh tidak memiliki sel darah yang merah yang cukup, kamu bisa mengalami gejala leukimia, seperti anemia atau kondisi lelah yang tidak kunjung hilang, meski sudah istirahat dan tidur. Kamu juga kerap mengalami sesak napas dan kulit tampak pucat.


Semasa hidup. Politisi Senior Rohadi Widodo ini selain dikenal murah senyum, mantan Wakil Bupati yang kini menjabat sebagai Wakil Pimpinan DPRD Karanganyar dikenal dekat dengan semua lapisan masyarakat (Foto: Instagram)

 

3. Muncul Memar

Gejala leukemia pada orang dewasa lainnya adalah munculnya ruam atau bintik-bintik merah di kulit, memar, atau perdarahan secara tiba-tiba dan tidak diketahui penyebabnya. 

Perdarahan ini bisa terjadi sebagai mimisan atau gusi. Pengidapnya juga bisa mengalami perdarahan yang berkepanjangan dari luka, menstruasi yang berat, atau darah di dalam urine atau tinja.

Ini karena leukemia telah mengganggu kemampuan sumsum tulang untuk memproduksi trombosit yang dibutuhkan tubuh. Trombosit yang cukup di tubuh ini berfungsi membantu pembekuan darah.

4. Nyeri Sendi dan Tulang

Sumsum tulang adalah jaringan spons yang berada di dalam tulang dan mengandung sel induk yang berkembang menjadi semua jenis sel darah. Saat leukemia terjadi, penumpukan sel darah putih abnormal menyebabkan sumsum tulang membesar dan ini akan memberi tekanan pada saraf di dalam jaringan tulang, sehingga menimbulkan rasa nyeri. Gejala penyakit leukemia ini cukup sering dirasakan di tulang panjang lengan dan kaki atau di tulang rusuk dan juga tulang dada.

Bila merasa ada gejala seperti yang dijelaskan, segera memeriksakan diri ke dokter. ***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut