KPU Karanganyar Prediksi Bakal Muncul Empat Pasang Calon Bupati di Pilkada 2024

Bramantyo
.
Senin, 07 November 2022 | 23:11 WIB
KPU prediksi bakal muncul empat pasang calon Bupati dan Wakil Bupati di pelkada 2024 (Foto: ilustrasi/Sindonews)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar memprediksi saat Pilkada 2024, bakal ada empat pasang Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup).

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Karanganyar, Kustiono mengatakan prediksi bakal muncul empat pasang calon Bupati dan Wakil Bupati saat Pilkada 2024 nanti itu didasari dengan hasil perolehan pileg 2019 silam. Dimana PDIP meraih 13 kursi, Partai Golkar 12 kursi, PKB 5 kursi, PKS 5 kursi, Gerindra 4 kursi, PAN 3 kursi dan Partai Demokrat 3 kursi.

Dengan asumsi tersebut, empat pasang calon yang bakal muncul di Pilkada itu didasari dua pasang calon diusung partai politik secara mandiri, Satu pasang calon hasil koalisi parpol dan satu calon berasal dari independen.

"Dari perolehan kursi, kami mengasumsikan PDIP dan Golkar bisa mengusung calon sendiri. Selanjutnya koalisi parpol yang perolehan kursinya belum memenuhi persyaratan. Dan bisa saja nanti muncul calon independen,"papar Kustiono, Senin (7/11/2022).

Untuk Kebutuhan dana untuk penyelenggaraan pilbup empat pasang calon, KPU membutuhkan dana mencapai Rp80 miliar. Dana itu, ungkap Kustiono, juga diperuntukan untuk protokol kesehatan (prokes) di masa pandemi Covid-19.

Termasuk swab bagi petugas pemungutan suara sebanyak tiga kali. Kemudian recuitmen badan Ad Hoc mulai PPK, PPS, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan petugas KPPS. 

"Hampir Rp 46 miliar sendiri atau 56 persen dari Rp 80 miliar diperuntukan untuk badan Ad Hoc,"terangnya. 

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini