Logo Network
Network

Begini Cara Menghitung Weton Jodoh Menurut Primbon Jawa Beserta Artinya

Michael Julius Figun/Net Karanganyar
.
Senin, 31 Oktober 2022 | 17:51 WIB
Begini Cara Menghitung Weton Jodoh Menurut Primbon Jawa Beserta Artinya
Cara Menghitung Weton pernikahan berdasarkan primbon jawa (Foto:Pixebay)

JAKARTA,iNewskaranganyar.id - Ramalan memang telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat jawa mulai dari melihat cocoknya suatu pasangan sebelum menikah, menentukan masa panen, melihat hari baik, dan menentukan keputusan. 

Pada dasar weton berguna untuk melihat secara spesifik karakteristik pasangan yang belum menikah atau bahkan sudah menikah.

Weton merupakan istilah yang terdengar cukup asing di masyarakat, kecuali masyarakat Jawa yang seringkali menggunakannya untuk melihat kecocokan antar pasangan maupun jodoh

Arti kata Weton menurut KBBI adalah hari kelahiran seseorang sesuai dengan hari pasarannya (Legi, Pahing, Kliwon, Pon, Wage). Secara sederhana Weton diambil dari Bahasa Jawa, wetu yang berarti lahir.

Bagi masyarakat Jawa, cara menghitung weton digunakan sebagai pegangan untuk menentukan baik atau buruknya sebuah hubungan terutama dalam sebuah pernikahan yang sifatnya sakral dan berjangka satu kali seumur hidup.

Perhitungan weton sendiri bermanfaat untuk meminimalisir kesialan dari kedua pasangan yang telah dihitung dengan metode weton ini. Langkah pertama tentu kita harus dapat memahami tabel dibawah ini.


Cara menghitung weton jodoh menurut primbon jawa. (Foto: DOK.iNews.id)

Cara menghitung weton melalui tabel ini cukup sederhana, contohnya pada pasangan suami istri. Suami lahir pada Jumat Kliwon, artinya neptu dari Jumat ditambahkan dengan neptu Kliwon (6+8=14). Lalu, istri lahir pada Minggu Legi (5+5=10).

Setelah mendapatkan kedua hasil tersebut, jumlahkan kedua hasil tersebut, yang berarti 14+10= 24. Hasil akhir tersebut akan kita ketahui dan dicocokan dengan arti berikut.

PEGAT

Pegat terdapat beberapa angka yakni 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36. Hasil tersebut biasanya terdapat masalah terkait ekonomi, perselingkuhan, serta kekuasaan yang menyebabkan kedua pasangan tersebut dapat berujung pegatan atau dalam bahasa umumnya, bercerai.

JODOH 

Berikutnya adalah jodoh yang dimana cara menghitung weton terdapat angka 3, 12, 21, 30. Seperti dengan namanya yakni jodoh, pasangan yang mendapatkan hasil angka jodoh maka diyakini akan cocok dan berjodoh. Pasangan ini dapat melengkepai satu sama lain dan akan dipisahkan oleh maut.

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.