get app
inews
Aa Read Next : Arti Mimpi Menangkap Burung Berdasarkan Primbon Jawa dan Islam 

Awas, 4 Weton Dilarang Keras Keluar Rumah Ketika Malam Satu Suro Menurut Primbon Jawa, Apa Saja?

Selasa, 18 Juli 2023 | 20:05 WIB
header img
Awas, 4 Weton Dilarang Keras Keluar Rumah Ketika Malam Satu Suro Menurut Primbon Jawa (Foto: Okezone)

SOLO,iNewskaranganyar.id - Empat weton ini dalam tradisi Jawa tidak diperbolehkan keluar rumah saat Malam Suro. Dalam tradisi Jawa, Peringatan tahun baru Jawa dimulai pada hari pertama bulan Sura di penanggalan Jawa, sesuai dengan awal bulan Muharram dalam kalender Hijriah. Lantas weton apa saja yang diwanti-wanti tidak boleh keluar saat malam Suro.

Perayaan tersebut diperingati terutama di Pulau Jawa, dan daerah atau negara lain dengan populasi suku Jawa yang signifikan, Siji Sura juga diperingati, dan telah menjadi bagian dari budaya tradisional dari masing-masing daerah.

Siji Sura biasanya diperingati pada malam hari setelah terbenamnya matahari. Pandangan dalam masyarakat Jawa, hari ini dianggap keramat terlebih bila jatuh pada jumungah legi (jumat).

Untuk sebagian masyarakat pada malam siji sura dilarang untuk ke mana-mana kecuali untuk berdoa ataupun melakukan ibadah lain.

Selain itu, di dalam Primbon Jawa, 4 weton ini diramalkan akan terkena energi negatif jika memaksakan untuk keluar rumah pada malam satu Suro.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut