get app
inews
Aa Read Next : Menyibak Mitos Telinga Berdenging Menurut Primbon Jawa, Pernah Mengalaminya?

Deretan Mitos Tanah Jawa yang Masih Dipercaya Masyarakat Sampai Sekarang, Apa Saja Itu?

Selasa, 04 Oktober 2022 | 09:58 WIB
header img
Seperti halnya di Yunani, di Indonesia banyak mitos yang masih dipercaya hingga saat ini. Terutama mitos di Tanaj Jawa (Foto: Pixebay)

11. Dilarang memakai baju hijau di pantai selatan

Mitos Jawa yang hingga saat ini masih diyakini oleh banyak orang ketika datang ke pantai selatan. Mereka tidak akan mengenakan baju berwarna hijau karena takut bertemu Nyi Roro Kidul hingga terseret arus.

Sebenarnya secara logis, memakai pakaian berwarna hijau dapat membuat tim SAR melakukan evakuasi bila terjadi hal yang tidak diinginkan. Karena hijau sendiri merupakan warna laut.

12. Nyapu tidak bersih akan mendapat suami brewokan

Sejak remaja, saat disuruh menyapu pastinya harus yang bersih. Sebab mitosnya, bila menyapu dan masih banyak kotoran yang tertinggal akan mendapat suami yang brewokan. Sebenarnya munculnya mitos ini untuk mengajarkan masyarakat agar lebih menjaga kebersihan.

13. Menabrak kucing bisa membawa celaka

Dan yang terakhir ada mitos menabrak kucing bisa membawa celaka. Mitos ini yang paling populer dan hingga saat ini masih diyakini oleh masyarakat. Apalagi bila menabrak kucing dan ditinggal begitu saja.

Sebenarnya secara logis ketika Anda tidak sengaja menabrak kucing, sebaiknya bertanggung jawab untuk menguburkan kucing itu. Dan yang terpenting hati-hati dalam berkendara.

Itu dia 13 mitos Jawa yang masih dipercaya oleh masyarakat.

 

Berita ini sebelumnya telah tayang di Okezone dengan judul "13 Mitos di Jawa yang Masih Dipercaya Masyarakat Sampai Sekarang"

***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut