get app
inews
Aa Read Next : Menyibak Mitos Telinga Berdenging Menurut Primbon Jawa, Pernah Mengalaminya?

Deretan Mitos Tanah Jawa yang Masih Dipercaya Masyarakat Sampai Sekarang, Apa Saja Itu?

Selasa, 04 Oktober 2022 | 09:58 WIB
header img
Seperti halnya di Yunani, di Indonesia banyak mitos yang masih dipercaya hingga saat ini. Terutama mitos di Tanaj Jawa (Foto: Pixebay)

SOLO, iNewskaranganyar.id - Mitos merupakan cerita tradisional yang dipercaya oleh penganutnya. Biasanya mitos menceritakan tentang alam semesta, makhluk gaib, hingga makhluk mitologis. Biasanya mitos sendiri sudah ada sejak zaman dahulu dan ceritanya turun temurun. 

Indonesia merupakan negara yang memiliki ras, suku, dan budaya yang beragam. Bahkan masing-masing daerah memiliki mitos yang berbeda, salah satunya adalah mitos di Jawa yang masih dipercaya masyarakat sampai sekarang.

Meskipun sudah memasuki era modern, namun masih banyak lho masyarakat Indonesia yang percaya dengan mitos dari para leluhurnya.

Lantas apa saja yah mitos Jawa yang hingga saat ini masih dipercaya? Berikut ulasannya :

1. Mitos anak gadis duduk di depan pintu akan sulit jodoh

Mitos di Jawa yang masih dipercaya masyarakat sampai sekarang, adalah anak gadis duduk di depan pintu akan sulit jodoh. Sisi positif munculnya mitos ini adalah untuk mengajarkan sopan santun kepada anak perempuan. Sebab bila duduk di depan pintu bisa menghalangi orang yang mau masuk ataupun keluar.

2. Bersiul di malam hari dapat memanggil setan

Tanpa sadar pasti kita pernah bersiul di malam hari dan ditegur oleh orang yang lebih dewasa. Mereka mengatakan kalau bersiul dapat memanggil setan. Faktanya mitos ini diciptakan untuk mengurangi aktivitas bersiul di malam hari yang mengganggu waktu istirahat.

3. Pamali mengambil makan sebelum orang tua

Sebenarnya mitos ini untuk lebih mengajarkan sopan santun bahwa lebih baik orang yang lebih tua mengambil makanan terlebih dahulu.

4. Kupu-kupu masuk rumah tanda akan datang tamu

Kedatangan kupu-kupu ke dalam rumah dianggap sebagai tanda akan ada takunyang datang. Sebenarnya mitos tersebut dimaksudkan agar ketika seseorang berkunjung ke rumah, Anda selalu siap menyambut dengan ramah.

5. Mitos makan menggunakan tutup wadah

Di Korea sendiri, menjadikan tutup wadah sebagai alas sudah jadi hal yang lumrah. Namun rupanya di Indonesia hal ini jadi mitos karena dianggap dapat mendatangkan hal buruk. Padahal bisa juga mitos ini diartikan sebagai pengingat bahwa setiap barang harus digunakan sesuai fungsinya.

6. Makan sayap ayam bikin jauh jodoh

Mitos Jawa yang lainnya juga ada tentang seseorang yang makan sayap ayam akan jauh dari jodoh. Sebenarnya mitos ini seseorang mengurangi makan sayap ayam yang mengandung banyak lemak sehingga menyebabkan jerawat.

7. Duduk di bantal bisa menyebabkan bisulan

Mitos ini seringkali terdengar. Dan banyak anak-anak maupun orang dewasa yang takut melakukan hal itu. Padahal mitos ini muncul untuk mengingatkan bahwa bantal digunakan untuk kepala dan tidak sopan bila dijadikan alas duduk.

8. Keluar rumah saat magrib bisa diculik wewe gombel

Mitos ini seringkali diucapkan oleh nenek dan kakek zaman dahulu. Mitos Jawa ini melarang anak-anak maupun orang dewasa untuk keluar rumah saat magrib.

Sebenarnya mitos ini untuk memberitahu kepada masyarakat bahwa ketika malam hari sudah waktunya untuk istirahat dan tidak boleh keluar rumah lagi.

9. Makan sambil tiduran bisa jadi ular

Mitos Jawa ini juga cukup unik dan masih dipercaya hingga saat ini. Sebenarnya realitanya makan sambil tiduran pastinya berbahaya untuk kesehatan. Makan dengan posisi tiduran bisa menyebabkan tersedak dan lebih baik makan dengan posisi duduk.

10. Dilarang memotong kuku saat malam hari

Banyak orang tua kita terdahulu yang melarang memotong kulu di malam hari. Mitos Jawa itu muncul karena saat zaman dahulu, belum ada penerangan lampu seperti sekarang ini. Sehingga ketika memotong kuku pada malam hari sulit terlihat dan bisa menyebabkan risiko yang besar.

11. Dilarang memakai baju hijau di pantai selatan

Mitos Jawa yang hingga saat ini masih diyakini oleh banyak orang ketika datang ke pantai selatan. Mereka tidak akan mengenakan baju berwarna hijau karena takut bertemu Nyi Roro Kidul hingga terseret arus.

Sebenarnya secara logis, memakai pakaian berwarna hijau dapat membuat tim SAR melakukan evakuasi bila terjadi hal yang tidak diinginkan. Karena hijau sendiri merupakan warna laut.

12. Nyapu tidak bersih akan mendapat suami brewokan

Sejak remaja, saat disuruh menyapu pastinya harus yang bersih. Sebab mitosnya, bila menyapu dan masih banyak kotoran yang tertinggal akan mendapat suami yang brewokan. Sebenarnya munculnya mitos ini untuk mengajarkan masyarakat agar lebih menjaga kebersihan.

13. Menabrak kucing bisa membawa celaka

Dan yang terakhir ada mitos menabrak kucing bisa membawa celaka. Mitos ini yang paling populer dan hingga saat ini masih diyakini oleh masyarakat. Apalagi bila menabrak kucing dan ditinggal begitu saja.

Sebenarnya secara logis ketika Anda tidak sengaja menabrak kucing, sebaiknya bertanggung jawab untuk menguburkan kucing itu. Dan yang terpenting hati-hati dalam berkendara.

Itu dia 13 mitos Jawa yang masih dipercaya oleh masyarakat.

 

Berita ini sebelumnya telah tayang di Okezone dengan judul "13 Mitos di Jawa yang Masih Dipercaya Masyarakat Sampai Sekarang"

***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut