Logo Network
Network

Terancam Sanksi FIFA, Pengamat Sosial Solo Pertanyakan Nasib Pemain Naturalisasi Hingga Gaji Pemain

Bramantyo
.
Senin, 03 Oktober 2022 | 20:56 WIB
Terancam Sanksi FIFA, Pengamat Sosial Solo Pertanyakan Nasib Pemain Naturalisasi Hingga Gaji Pemain
Pengamat sosial Kota Solo pertanyakan nasib pemain naturalisasi dan gaji pemain asing bila Indonesia benar-benar di jatuhkan sanksi FIFA (Foto: MPI)

Pasalnya, semua klub telah menjalin kontrak dengan pihak sponsor yang ada di kaos klub. Termasuk dengan pihak Marsendes yang juga telah ikut membuat kerjasama dengan klub. Waktu delapan tahun, bukanlah waktu yang sebentar. Sehingga, para sponsor tidak mungkin mau menunggu waktu yang cukup lama.

"Padahal sudah teken kontrak dengan para sponsor juga mengontrak pemain dan pelatih asing. 

Lebih menjadi bencana lagi jika Timnas dilarang bertanding. saat ini timnas mulai bangkit, mengambil pemain naturalisasi. Kalau Timnas tidak bisa bertanding, haknya ikut laga dicabut itu lebih bencana lagi,"ungkap Kusumo.

Karena itu, Kusumo meminta agar pemerintah harus ekstra keras mencegah agar FIFA tidak menjatuhkan saksi pada Indonesia. Pasalnya, klub-klub lain termasuk Timnas Indonesia tidak ada hubungannya Tragedi Kanjuruhan Malang.

"Jika sanksi dijatuhkan dan laga bola resmi di Indonesia dihentikan, jelas pemain tak bisa beraktifitas dalam turnamen, ya kasihan. Padahal mereka digaji untuk bermain bola. Mereka tidak salah dan tidak ada hubungannya dengan Tragedi Kanjuruhan Malang. Ibarat kata pepatah, tidak makan nangka tapi kena getahnya. Ini yang harus dicegah pemerintah agar sanksi itu tidak dijatuhkan ke Indonesia,"pungkasnya.***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.