Terancam Sanksi FIFA, Pengamat Sosial Solo Pertanyakan Nasib Pemain Naturalisasi Hingga Gaji Pemain

Bramantyo
.
Senin, 03 Oktober 2022 | 20:56 WIB
Pengamat sosial Kota Solo pertanyakan nasib pemain naturalisasi dan gaji pemain asing bila Indonesia benar-benar di jatuhkan sanksi FIFA (Foto: MPI)

SOLO, iNewskaranganyar.id - Indonesia bakal terancam sanksi FIFA menyusul tragedi stadion Kanjuruhan menyusul tewasnya ratusan orang suporter.

Bila sanksi itu benar-benar diterima Indonesia, Pengamat sosial kota Solo, Kusumo Putro mempertanyakan nasib pemain naturalisasi hingga gaji para pemain termasuk pelatih asing yang telah dikontrak sejumlah klub tanah air.

"Yang menjadi persoalan bila FIFA benar-benar menjatuhkan sanksi pada Indonesia. Bagaimana nasib para pemain asing yang terlanjur telah di Naturalisasi. Bagimana nasib pemain asing yang ada di tiap-tiap klub. Gaji mereka, siap yang membayar. Apa mau klub membayar yang tidak ada dalam MoU meraka,"papar Kusumo saat berbincang dengan iNewskaranganyar.id, Senin (3/10/2022).

"Apakah klub mau membayar gaji pemian dan pelatih asing. Karena dalam MoU atau kontrak, tidak ada bunyi managemen akan membayar penuh gaji para pemain, bila FIFA membekukan sepakbola Indonesia,"imbuhnya.

Baca Juga

Video Detik-detik Kerusuhan Pasca Laga Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan Malang


Pengamat Sosial BRM Kusumo Putro (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

Ia menambahkan tak hanya persoalan itu saja yang bakal dihadapi bila FIFA benar-benar menjatuhkan sanksi larangan selama 8 tahun pada Indonesia untuk menggelar pertandingan liga, baik liga 1, liga 2 dan liga 3.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini