get app
inews
Aa Read Next : Keseruan Berwisata ke Bendhungan Lepen, Wisata Ramah Anak di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

4 Tempat Wisata Super 'Angker' di Indonesia, Berani Coba?

Rabu, 14 September 2022 | 21:37 WIB
header img
Lawang Sewu Semarang salah satu yang diyakini memiliki aura mistis (Foto:tangkapan Layar Instagram @natureall.my)

KARANGANYAR, iNews.id - Jika Anda seorang yang gemar mengeksporasi hal-hal aneh dan penuh misteri termasuk hal-hal ghaib, siapkan diri untuk uji nyali.  Ada beberapa lokasi di Indonesia yang dipercaya dihuni makhluk halus dan seringkali terdapat penampakan yang menyeramkan di lokasi tersebut. 

Dimana sajalah lokasi tersebut, inila daftar tempat terkenal angker di Indonesia:

1. TPU Jeruk Purut - Jakarta

Konon TPU Jeruk Purut seringkali terjadi penampakan sosok pastor yang sedang membawa kepalanya yang terpenggal dengan ditemani  anjing hitam besar.  Berdasarkan cerita yang berkembang dia nyasar mencari makamnya, yang menurut orang setempat ada di TPU Tanah Kusir dan bukan di Jeruk Purut. 

Selain itu, terdapat spot berhantu lainnya yang cukup terkenal dari makam ini yakni adanya pohon kembar jeruk purut tinggi besar yang diyakini menjadi tempat bersemayam kuntilanak. Disana terkadang juga ada penampakan sosok anak kecil dan raksasa berbulu panjang.

2. Lawang Sewu - Semarang

Lokasi ini menjadi Salah satu icob kota tua Semarang. Merupakan bangunan kuno peninggalan Belanda.  Awalnya merupakan bangunan kantor pusat Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS). Saat ini bangunan tersebut dijadikan sebagai museum dan galeri sejarah perkeretaapian oleh Unit Pusat Pelestarian dan Desain Arsitektur dan KAI. Ada kisah misteri yang membikin merinding bulu kuduk. 

Kisah  horor dibalik gedung yang memiliki banyak pintu sehingga disebut ‘Lawang Sewu’ itu yang menjadikannya angker. Konon terdapat seorang hantu noni Belanda dengan wajah pucat dan berdarah-darah berkeliaran di gedung itu. Terkadang mendengar suara jeritan dan tangisan di malam-malam tertentu.  Lawang Sewu juga dikenal angker karena ruangan bawah tanahnya pernah dijadikan tempat penyiksaan oleh tentara Jepang. 

3. Rumah Hantu Darmo - Surabaya

Bangunan mewah ini karena terkenal keangkerannya, sampai-sampai menjadi spot wisata horor yang ada di Surabaya! Adapun Rumah Hantu Darmo atau RHD adalah sebuah rumah mewah yang terletak di kawasan elit. 

Ada banyak cerita mistis terkait tempat ini, namun yang paling populer adalah pemilik rumah yang melakukan pesugihan namun tidak memberi sesajen atau tumbal hingga akhirnya sekeluarga dibunuh oleh jin!

Konon, orang yang melintasi RHD kerap melihat penampakan makhluk halus hingga beberapa kejadian kesurupan. Berani masuk dan menjelajahi rumah ini sendirian. 

4. Pelabuhan Ratu - Sukabumi

Keberadaan sosok Nyi Roro Kidul, makhluk ghaib yang dikenal sebagai sosok penunggu sekaligus penguasa lautan Pantai Selatan menjadi cerita yang terus berkembang di masyarakat Jawa.

Konon sang ratu bersemayam di Pelabuhan Ratu khususnya satu kamar di Hotel Samudera Beach nomor 308, dimana juga menjadi tempat bertapa sejumlah tokoh, termasuk kabarnya sosok sekaliber Ir.Soekarno!

Tempat ini pun terkenal angker karena beberapa kejadian orang hilang terseret ombak, terutama mereka yang memakai pakaian hijau yang digadang-gadang menjadi tumbal bagi sang ratu.

 

Berita ini sebelumnya telah tayang di Okezone dengan judul "5 Tempat Terkenal Angker di Indonesia, Sukses Bikin Bulu Kuduk Merinding"

 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut