get app
inews
Aa Read Next : Wali Kota Tangsel Instruksikan Dinas Kesehatan Segera Kirim Bantuan ke Korban Kecelakaan di Cirebon

Keseruan Berwisata ke Bendhungan Lepen, Wisata Ramah Anak di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Kamis, 18 Juli 2024 | 18:16 WIB
header img
Akses jalan menuju wisata Bendhung Lepen di Yogyakarta (Syuhaida Putri Izzaty/ Kelompok KKN UNS/iNewskaranganyar.id)

YOGYAKARTA, iNewskaranganyar. id - Yogyakarta merupakan kota yang terkenal dengan berbagai objek wisatanya yang menarik. 

Bagi ada yang memiliki rencana untuk berlibur ke Yogyakarta, Bendhung Lepen bisa menjadi salah satu objek wisata menarik yang wajib untuk dikunjungi. 

Selain murah meriah, Bendhung Lepen juga menjadi objek wisata yang ramah anak sehingga destinasi wisata ini cocok untuk di kunjungi jika ingin berlibur bersama keluarga. 

Terletak di Kampung Mrican, Kelurahan Giwangan, Kemantren Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Tempat wisata ini menawarkan pengalaman wisata yang dengan suasana asri yang menenangkan.

Dengan kondisi yang sudah tampak jauh lebih baik jika dibandingkan pada tahun 2020 silam, Bendhung Lepen semakin dikenal oleh masyarakat luas sebagai salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi di Yogyakarta tanpa harus merogoh kocek dalam dalam, dikarenakan untuk berkunjung ke Bendhung Lepen pengunjung cukup membayar secara sukarela di kotak yang sudah disediakan.

Latar belakang bendhung lepen

 

Awal dari dibentuknya wisata Bendhung Lepen muncul dari keresahan para pemuda di Mrican dikarenakan tempat dimana mereka biasa beraktifitas irigasi airnya dipenuhi oleh sampah yang membuat lingkungan mereka menjadi kotor dan tidak layak.

Bergerak dari keresahan tersebut para pemuda Mrican mengambil langkah untuk membenahi lingkungan tempat mereka tinggal agar lebih sehat dan lebih nyaman bagi anak anak dan warga sekitar. 

Dengan inisiatif  para pemuda tersebut timbul lah kegiatan membersihkan irigasi ini. Seiring berjalannya waktu muncul ide dari warga sekitar untuk menambahkan ikan agar irigasi air bisa lebih menarik lagi.

Karena dianggap merupakan ide yang menarik dan memberikan dampak positif bagi warga sekitar, pemerintah Kemantren Umbulharjo bekerja sama dengan BRI untuk mengembangan Bendhung Lepen agar lebih layak untuk dijadikan objek wisata. Dukungan yang diberikan berupa bantuan dana pengembangan, program bersih bersih rutin di wilayah Bendhung Lepen, serta bantuan publikasi dan promosi.

Akses menuju Bendhung Lepen

 

Bendhung Lepen sendiri mudah diakses dengan kendaraan pribadi. Lokasi Bendhung Lepen sendiri tidak terlalu jauh dari Terminal Giwangan. Jika ingin berkunjung ke Bendhung Lepen akses jalan menuju Bendhung Lepen sendiri melewati jalan jalan yang cukup kecil dikarenakan melewati pemukiman warga. Tepatnya lokasi Bendhung Lepen sendiri berada di tepian Kali Gajahwong.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut