get app
inews
Aa Read Next : Menyibak Mitos Telinga Berdenging Menurut Primbon Jawa, Pernah Mengalaminya?

4 Mitos Ampuh Cara Mengusir Hujan, Salah Satunya Membuang Celana Dalam ke Atap

Sabtu, 06 Agustus 2022 | 12:30 WIB
header img
Rara Pawang hujan (Foto: Instagram)

KARANGANYAR, iNews.id - Masih ingatkah dengan sosok Rara, Sang Pawang Hujan yang namannya mendunia saat melakukan ritual mengusir hujan pada gelaran event MotoGP Mandalika 2022.

Saat even MotoGP, pihak penyelenggara terpaksa mendatangkan pawang hujan untuk menghentikan hujan yang terus menerus mengguyur daerah dimana even dunia itu digelar. Beruntung hujan itupun berhenti sesaat Rara selesai melakukan ritual penghentian hujan.

Sebenarnya di Indonesia, keberadaan pawang atau orang yang diberi kemampuan khusus untuk menghentikan hujan, bukan saat even MotoGP Mandalika saja. Jauh sebelum itupun, banyak  mitos yang diyakini ampuh mengusir hujan. 

Mulai tidak mandi saat ingin menggelar hajatan. Konon, dengan tidak mandi bagi yang ingin menggelar hajatan bisa menghindari hujan badai akan datang apabila mereka menerjang pantangan ini.

Tak heran pemilik hajatan kebanyakan memilih hanya cuci muka dengan air agar tidak hujan saat hajatan.

Berikut beberapa mitos yang diyakini ampuh menghentikan hujan yang berhasil dirangkum iNewskaranganyar.id dari beberapa sumber.

1. Melempar celana dalam ke atap rumah atau bangunan

Mitos membuang celana yang tengah dipakai keatas rumah atau bangunan kerap diyakini bisa menghentikan hujan. Cara ini sedikit terdengar konyol. Namun, sebagian masyarakat kerap melakukan cara membuang celana dalam yang tengah dipakai keatas atap dan bangunan.

2. Tarian pengusir hujan

Mitos lainnya cara menghentikan hujan yaitu dengan menarikan tarian saat hujan deras mengguyur. Cara menghentikan hujan dengan tarian ini biasanya kerap dilakukan oleh masyarakat pedalaman di Amerika. Konon, untuk menghentikan hujan, mereka membawakan tarian agar dewa yang tengah Gabut (Jenuh) jadi terhibur dengan tarian dan akhirnya menghentikan hujan.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut