get app
inews
Aa Read Next : Menyibak Mitos Telinga Berdenging Menurut Primbon Jawa, Pernah Mengalaminya?

Mitos Kucing Hitam di Berbagai Belahan Negara, Seperti Apa?

Rabu, 27 Juli 2022 | 09:31 WIB
header img
Mitos Kucing Hitam (Foto: Pixebay)

KARANGANYAR,iNews.id - Kucing merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara manusia karena karakternya yang jinak. 

Bahkan kucing sudah dipelihara sejak Mesir kuno. Keberadaan kucing saat jaman Mesir kuno ini dihubungkan dengan mitos Dewi Rungis yang konon berwujud seekor kucing. Sedangkan dalam metologi Yunani, Dewi Rungis merupakan anak dari Dewa Matahari.

Masih menurut kepercayaan Yunani, Dewi BAS memang ditugaskan ayahnya untuk menjadi pelindung rumah dan ladang dari serangan tikus. 

Dalam kebudayaan islam, kucing salah satu hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW memiliki seekor kucing peliharaan yang diberi nama Muza.

Dikisahkan, suatu ketika ketika Nabi Muhammad hendak mengambi jubahnya untuk ke Masjid. Saat hendak mengambil jubah, Nabi Muhammad SAW melihat Muza tengah tertidur pulas diatas jubahnya.

Karena tidak ingin mengganggu hewan kesayangannya itu, kemudian Nabi Muhammad SAW memotong belahan lengan Jubah yang ditiduri oleh Muza. 

Ketika Nabi Muhammad SAW kembali kerumah, Nabi Muhammad SAW melihat Muza menunduk kearah beliau. Sebagai balasan, Nabi Muhammad SAW mengelus-elus tubuh Muza dengan lembus sebanyak tiga kali

Beberapa kepercayaan kuno, kucing merupakan perwujudan roh yang bertugas membimbing manusia. 

Mereka dianggap mengetahui segala sesuatu hal disekitarnya yang akan terjadi, tapi karena tidak bisa bicara mereka tidak bisa menyampaikan apa tindakan-tindakan atau keputusan yang diambil oleh manusia.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut