get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Peringati Kudatuli, Ketua PDIP Karanganyar Ajak Seluruh Kader PDIP Renungkan Tragedi 27 Juli 1996

Selasa, 26 Juli 2022 | 23:14 WIB
header img
Kader PDIP Karanganyar peringati 26 tahun tragedi Kudatuli dengan gelar pengajian dan doa bersama (Foto: iNewskaranganyar/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNews.id - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Karanganyar menggelar pengajian untuk mendoakan arwah para kader partai besutan Megawati Soekarnoputri dalam kerusuhan 27 Juli atau biasa dikenal Kudatuli yang terjadi 26 tahun lalu.

Kudatuli sendiri sebuah kejadian perebutan kantor Partai PDIP yang saat itu masih bernama PDI.

Pantauan iNewskaranganyar.id, pengajian serta doa bersama peringatan Kudatuli itu dihadiri seluruh kader inti diantaranya, Ketua DPRD yang juga Ketua DPC PDIP Bagus Selo, Wakil Bupati Rober Christanto serta kader partai yang duduk di FPDIP DPRD.

Serta kader lainnya yang bakal maju dalam Pemilu mendatang. Usai pengajian dan doa bersama, Ketua DPC PDIP Bagus Selo mengajak para kader untuk tidak melupakan sejarah 27 Juli 1996.

Bagus Selo menceritakan kembali tragedi Kudatuli tersebut. Menurut Bagus Selo, peristiwa itu ditandai penyerbuan Kantor DPP PDI pimpinan Megawati Soekarnoputri di Jalan Diponegoro Jakarta, 26 tahun silam.

Kongres PDI di Surabaya pada 1993, ungkap Bagus Selo, menyatakan Megawati terpilih sebagai ketua umum hingga 1998. Namun, putri Bung Karno itu tidak mendapatkan 'restu' pemerintah saat itu.

Pada 1996, muncul gerakan menolak PDI pimpinan Megawati. Kelompok ini akhirnya menggelar kongres di Medan dan memilih Soerjadi sebagai ketua umum. Kubu ini mendapat dukungan dari pemerintah Orde Baru.

Dukungan terhadap kubu Megawati justru mengalir deras. Melalui mimbar bebas di depan kantor DPP PDI Jalan Diponegoro, mahasiswa dan aktivis pro demokrasi menentang Soeharto.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut