get app
inews
Aa
Read Next : 7 Keris Pusaka yang Disebut Memiliki Kesaktian Dahsyat di Nusantara

Ini Loh! Cara Mengetes Keris Semar Mesem Asli Atau Palsu

Rabu, 13 Juli 2022 | 11:01 WIB
header img
Cara membedakan keris semar mesem asli atau palsu (Foto: tangkapan Layar Youtube)

KARANGAYAR, iNews.id - Ada cara sangat mudah untuk mengetes apakah keris Semar Mesem asli apa palsu.

Karena pada dasarnya semua jenis keris semar mesem itu asli. Kecuali bahan dasar pembuatan keris bukan menggunakan kuningan atau tembaga, sudah pasti akan diketahui mana keris semar mesem yang asli dan mana yang palsu.

Apalagi bentuk dari keris itu sendiri sama. Menggambarkan sosok Batara Guru.

Kemudian yang dimaksud palsu adalah keris semar mesem yang tidak memiliki khodam apa-apa, alias kosong hanya benda kuningan yang berbentuk menyerupai keris semar mesem. 

Namun seiring waktu, karena kepopulerannya keris semar mesem banyak di buru kolektor benda mistik. 

Dengan demikian munculah orang-orang yang memanfaatkan situasi tersebut untuk mencari keuntungan dari para pecinta keris semar mesem, yang tidak paham akan keris semar mesem yang asli hasil penarikan dari alam gaib dengan keris semar mesem yang sengaja dibuat oleh pengrajin keris atau pengrajin tembaga.

Berikut cara membedakan keris semar mesem asli dan palsu:

Seperti dikutip iNewskaranganyar.id dari bangkitlistrik.blogspot.com, adalah sebagai berikut:

1. Bahan Pembuatan

Pembuatan keris semar mesem dilakukan secara tradisional. Bahan pembuatannya berupa baja murni atau besi usang. Srdangkan keris semar mesem palsu biasannya dibuat dari bahan-bahan yang justru lebih mahal, misalnya kuningan.

2. Motif Ukiran 

Motif ukuran pada keris semar mesem yang asli akan tanpak lebih usang dibandingkan dengan motif ukiran pada keris yang palsu. Dalam semar mesem asli selalu dilengkapi dengan ukiran bergambar semar dan Lafadz doa dalam bahasa awab. ukiran inilah yang harus anda perhatikan dengan sesama. Jika perlu gunakan kaca pembesar.

3. Berat Keris

Meski terbuat dari bahan yang murah dan motif ukirannya yang usang, keris semar mesem yang asli biasannya justru akan lebih berat dibandingkan keris semar mesem palsu dengan ukiran yang sama.

4 Gunakan Ayam

Ayam adalah hewan yang sangat sensitif terhadap kekiatan supranatural. Termasuk kekuatan yang dimiliki sebuah benda pusaka. Sifat ayam yang satu ini dapat anda manfaatkan untuk mengetahui keaslian keris semar mesem.

Carannya, letakan keris semar mesem di pelataran. Kemudian panggil ayam untuk datang dan sawurkan beras ke sekitar keris. Jika ayam tak mau mendekat, kemungkinan keris semar mesem itu asli. Sedangkan jika ayam mau mendekat keris semar mesem itu palsu.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut