get app
inews
Aa Read Next : Mitos Gunung Parang, Gunung Purba yang Menyimpan Sejuta Misteri Menyeramkan

7 Keris Pusaka yang Disebut Memiliki Kesaktian Dahsyat di Nusantara

Kamis, 06 Oktober 2022 | 12:58 WIB
header img
Puluhan keris di pamerankan (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Bagi sebagian masyarakat, khususnya di Pulau Jawa, disamping kekuatan magisnya, keris juga memiliki nilai tertentu dan dihormati sebagai peninggalan bersejarah yang telah diturun temurunkan.

Sedikitnya ada tujuh keris legenda yang dianggap mempunyai kesaktian di Nusantara . Dalam sejarahnya, keris dikenal sebagai salah satu benda pusaka yang memiliki kekuatan atau kesaktian. 

Dihimpun dari pemberitaan MPI, berikut tujuh keris legenda yang dianggap mempunyai kesaktian di Nusantara 

1. Keris Kyai Sengkelat 

Keris Kyai Sengkelat merupakan keris buatan Empu Supo Mandrangi atas perintah Sunan Kalijaga. Adapun nama Sengkelat sendiri berasal dari kata bahasa Jawa, yaitu 

“Sengkel Atine” yang berarti kesal atau marah. Konon, penyematan nama ini didasarkan pada kondisi Kerajaan Majapahit kala itu. Keris Kyai Sengkelat kerap disebut sakti mandraguna. 

Pembuatannya sendiri digunakan untuk menandingi kesaktian Keris Nogo Sosro ataupun Keris Sabuk Inten. 

Konon, siapa pun yang memiliki keris ini akan mendapat kewibawaan dan kehormatan, serta menjadi disegani orang-orang. Sehingga, keberadaan Keris Kyai Sengkelat ini cukup banyak menarik perhatian dan diinginkan orang-orang. 

2. Keris Nogososro 

Keris Nogososro merupakan senjata pusaka yang dimilik Kerajaan Majapahit. Memiliki luk 13 dengan bertahtakan emas serta berlian, keris ini dibuat pada masa pemerintahan Prabu Brawijaya V oleh Mpu Sedayu atau biasa dikenal dengan Mpu Supo Mandrangi.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut