get app
inews
Aa Read Next : Menyibak Mitos Telinga Berdenging Menurut Primbon Jawa, Pernah Mengalaminya?

Mitos Gunung Parang, Gunung Purba yang Menyimpan Sejuta Misteri Menyeramkan

Kamis, 08 Juni 2023 | 11:15 WIB
header img
Mitos Gunung Parang, Gunung Purba yang Menyimpan Sejuta Misteri (Foto: Tangkapan Layar)

PURWAKARTA, iNewskaranganyar.id - Gunung Parang yang terletak di Desa Sukamulya, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, ini termasuk salah satu lokasi wisata pendakian favorit para pendaki.

Tempat ini tak hanya diincar wisatawan lokal, Gunung Parang juga diincar wisatawan mancanegara. 

Gunung ini cocok bagi mereka yang suka dengan tantangan penuh adrenalin.

Gunung Parang merupakan pegunungan batuan andesit purba yang terjadi dari sebuah proses intrusi, di mana magma membeku sebelum muncul ke permukaan untuk menjadi gunung api.

Gunung batu berketinggian 963 mdpl ini dengan diapit dua bendungan, yakni Jatiluhur dan Bendungan Cirata. Ternyata, gunung yang terletak di Kecamatan Tegalwaru ini memiliki mitos yang sudah melegenda. Masyarakat mengenal gunung tersebut dengan nama Gunung Barang.

Jika diamati dari cerita yang melegenda, banyak orang datang ke gunung ini untuk meminta diberikan banyak kekayaan dengan cara-cara gaib alias pesugihan. Bahkan, sampai saat ini mitos tersebut masih beredar di balik keindahan Gunung Parang.

Selain itu, terdapat juga beberapa legenda yang beredar di masyarakat mengenai Nyai Ronggeng, Ki Pat Tinggi, Ki Jonggrang dan Mbah Jambrong yang memiliki kaitan dengan Kerajaan Padjajaran.

Tak ayal, jika masyarakat sekitar Gunung Parang masih mempercayai hal-hal mistis, seperti teluh (santet), pesugihan, dan lain sebagainya di dunia yang serba modern seperti saat ini.

Gunung Parang merupakan gunung pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan jalur via ferrata setelah diresmikan di 2015 silam.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut