get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Daftar 8 Obyek Wisata Terindah dan Terpopuler di Karanganyar

Selasa, 05 Juli 2022 | 22:25 WIB
header img
Air Terjun Sewawar  -  Sedinding yang terletak di Jenawi Karanganyar ini keindahannya sangat luar biasa (Foti: Instagram)

KARANGANYAR, iNews.id - Karanganyar salah satu Kabupaten yang terletak di lereng Gunung Lawu. Letak Kabupaten Karanganyar sendiri diapit empat Kabupaten di Jawa Tengah dan Satu Kabupaten di Jawa Timur.

Empat Kabupaten yang mengapit Karanganyr itu adalah Solo, Sragen, Sukoharjo dan Wonogiri. Sedangkan satu Kabupaten di Jawa Timur yang mengapit adalah Magetan.

Karena letak Karanganyar berada di lereng Gunung Lawu, tak heran bila Kabupaten yang terletak di wilayah timur Provinsi Jawa Tengah ini kaya akan lokasi wisata.

Mulai dari wisata Kuliner dan wisata alam. Unyuk wisata kuliner, ada tiga Kecamatan di Karanganyar yang menjadi tempat tujuan wisata. Yaitu, Karangpandan, Ngargoyoso dan Tawangmangu.

Tak heran, setiap akhir pekan, tiga kecamatan di Karanganyar ini menjadi salah satu tujuan masyarakat untuk menghabiskan waktu untuk berburu kuliner khas Karanganyar diantaranya, Timus Ubi Ungu, Telo (Ubi) Jalak Towo, Molon Tawangmangu, sembari menikmati kopi atau teh.

Ada pula yang berkunjung ke kebun teh Kemuning. Sembari melihat dari dekat para petanio teh memetik daun teh. Ada pula yang menikmati sensasi off road dan Paralayang.

Sedangkan untuk wisata alam, Karanganyar ini tak kalah dengan Pulau Bali. Sehingga cocok untuk melepas penat setelah seminggu beraktivitas. Sebenarnya wisata alam di Karanganyar jumlahnya cukup banyak. Namun, iNewskaranganyar.id menghadirkan delapan wisata unggulan di Karanganyar yang patut dijadikan rederensi untuk berlibur.

Berikut lokasi wisata alam di Karanganyar

1. Lawu Park


The Lawu Park (Foto: iNewskaranganyar/Bramantyo)

Lawu Park merupakan lokasi wisata yang belum lama berdiri. Wisata ini menempati lahan milik Perhutani di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Desa tertinggi di Karanganyar, yaitu Gondosuli, Tawangmangu.

Di Lawu Park, pengunjung bisa melakukan sejumlah kegiatan seperti menikmati pemandangan yang tampak asri khas pegunungan. Selain itu pengunjung bisa mengajak buah hati memberi makan domba di sana, atau bermain salju di area Snow Park. Jika memungkinkan, pengunjung juga bisa melakukan glamping di area glamping yang disediakan.

2. Rumah Atsiri Indonesia


Rumah Atsiri Indonesia (Foto: Instagram)

Rumah Atsiri merupakan tempat wisata yang merupakan hasil restorasi dari Pabrik Citronella Indonesia Bulgaria. 

Lokasi tempat wisata ini berada di Jalan Watusambang, Plumbon, Kecamatan Tawangmangu. 

Rumah Atsiri merupakan lokasi yang dipenuhi dengan berbagai koleksi bunga dan tanaman yang memiliki kandungan atsiri pada bagian tubuhnya. 

Bunga-bunga dan tanaman-tanaman tersebut ditata dengan cantiknya sehingga bisa dijadikan latar untuk berfoto.

Editor : Bramantyo

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut