Penghujung 2024, BDK Raih Penghargaan Bank Paling Sukses Kelola SDM di Ajang Top Human Capital Award
KARANGANYAR, iNewskaranganyar. id - PT BPR Bank Daerah Karanganyar (Perseroda) raih penghargaan bank paling sukses kelola Sumber Daya Manusia di penghujung tahun 2024.
Tak heran bila penghargaan bergengsi TOP Human Capital Awards 2024 yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business.
Bahkan nahkoda Bank Daerah Karanganyar Dr.H.Haryono,SE,MM ini pun diberikan The Most Commited Top Leader on Human Capital 2024 karena dinilai sebagai leader (pemimpin) yang berhasil mengelola SDM serta memiliki komitmen tinggi dalam mendukung penerapan fungsi manajemen SDM.
Serta berhasil menciptakan inovasi yang mampu meningkatkan kemampuan SDM untuk mencapai kinerja layanan, operasional dan keuangan perusahaan yang lebih baik.
Penghargaan itu diterima Komisaris Independen sekaligus Ketua Komite Remunerasi Bank Daerah Karanganyar Sumarno pada acara puncak penghargaan Top Human Capital Awards 2024 yang berlangsung 30 Oktober 2024 di Hotel Raffles Jakarta.
Dalam pemaparannya materi presentasi berjudul Pengelolaan SDM yang profesional dan berintegritas Haryono mengatakan Pengelolaan SDM yang profesional dan berintegritas menghasilkan pertumbuhan bisnis berkualitas, berkinerja sehat dan Profitable.
Menurut Haryono, Keberhasilan ini tak lepas dari Komitmen Bank Daerah Karanganyar untuk melakukan terobosan dibidang Human Capital melalui peningkatan kapasitas, kompetensi dan profesionalisme SDM sehingga terbentuk karakter karyawan Bank Daerah Karanganyar yang mampu bekerja optimal tanpa diperintah, jujur dan disiplin tanpa diawasi serta bertanggungjawab tanpa diminta.
Semua itu didapat dari pengalaman dirinya selama 5 tahun saat masih bekerja di Bank Danamon pada 1995 -2000 dan tahun 2000 - 2019.
Dari pengalaman itulah, sejak pertama di percaya untuk mengelola Bank Daerah Karanganyar, dirinya bertekad membuat Bank milik BUMD namun pengelolaannya rasa Bank milik BUMN.
"Sejak saya diberikan amanah sebagai Direktur Utama Bank Daerah Karanganyar ini sebagai salah satu BUMD, kami mengelola BUMD ini rasa BUMN sehingga kami ada Code of Conduct -pedoman perilaku, kemudian melakukan Change Management pada budaya kerja dan tata kelola SDM kami laksanakan perubahan dengan terus menerus serta mengembangkan kualitas SDM.melalui pelatihan dan pendidikan untuk meningkatkan ketrampilan dan kompetensi karyawan,"papar Haryono, Kamis (31/10/2024).
Ia mengatakan, tak hanya ditingkat karyawan, pada tingkatan direksi dan komisaris ini pun juga diberikan pekatihan. Sehingga tercipta team work yang solid.
"Dengan mengikutkan beberapa pelatihan peningkatan kompetensi SDM yang dilaksanakan oleh Perbarindo, Perbamida maupun penyelengara pendidikan lainnya bahkan sudah ada sekitar 20 karyawan yang telah diikutkan pendidikan Certif Direktur dalam rangka persiapan regenerasi calon pengganti direktur BDK dimasa mendatang"jelasnya.
"Disamping itu kami memberikan keteladanan dan membagi pengalaman dalam mengelola lembaga keuangan perbankan dan setiap tahun juga seluruh karyawan diberikan pembekalan tentang hukum agar dalam bekerja selalu taat hukum (SOP) dan Hindari hukuman serta telah menjalin MoU dengan Kajari Karanganyar guna pencegahan terjadinya fraud bagi karyawan, "imbuhnya.
Ia mengucapkan banyak terima kasih pada para nasabah yang telah mengantarkan BDK memperoleh penghargaan. Meski begitu, bukan berarti dengan penghargaan ini membuat pihaknya berpuas diri. Ditengah persaingan yang makin kompetitif saat ini, BDK berkomitmen untuk pelayanan berkualitas kepada nasabah.
"Dan semoga dengan diraihnya penghargaan ini semakin menambah kepercayaan masyarakat untuk menabung berinvestasi maupun bermitra dengan Bank Daerah Karanganyar terus semakin banyak nasabahnya karena tabungan dan deposito dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) disamping itu saham kepemilikannya BDK 100 % milik Pemkab.Karanganyar sehinga dijamin aman lancar, "ujarnya.***
Editor : Ditya Arnanta
Artikel Terkait