Sambut Hari Sumpah Pemuda, Ratusan Orang di Karanganyar Bentangkan Merah Putih Sepanjang 1000 Meter

Muhammad Bramantyo
Sambut Hari Sumpah Pemuda, Ratusan Orang di Karanganyar Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 1000 Meter (Foto; iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar. id - Bendera Merah Putih sepanjang 1000 meter dibentangkan di sepanjang jalan Lawu tepatnya mulai dari depan Kejaksaan Negeri hingga Tugu Tri Dharma batas kota Karanganyar.

Pembentangan bendera merah putih sepanjang 1000 meter yang dimulai sekira pukul 11.39 WIB ini dalam rangka peringatan hari Sumpah Pemuda itu diawali dengan upacara penyerahan bendera secara simbolis kepada Pj Bupati Karanganyar, Timotius Suryadi, rangkaian acara berlangsung khidmad. 

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Karanganyar, Hari Purnomo sampaikan acara Bentang Sang Ratih Sribuwana 1000 meter ini kerja sama Pemkab Karanganyar dengan Kraton Solo.

Sebelum diarak ke Karanganyar kota, diawali dengan acara sedekah bumi di Babar Agrasmanis, Jenawi. Setelah dari Karanganyar dibawa ke Sragen dan nanti malam tiba di Kraton Solo. 

 "Acara ini melibatkan Ada 600 mulai dari Putra Putri Lawu, juga beberapa OPD," jelasnya Minggu (27/10/2024). 

Sementara itu Ketua Panitia Bentang Sang Ratih Sribuwara 1.000 meter, Kinasihm enambahkan prosesi yang di Babar Desa Anggrasmanis diawali dengan acara sedekah bumi dan penanaman bibit kopi. Karena di kawasan tersebut dikenal dengan perkebunan kopi Arabikanya.

"Diawali di Babar Desa Anggrasmanis karena disana ada petilasan Prabu Brawijaya dan Gong Perdamaian Dunia," paparnya. 

Setelah dari Karanganyar dilanjutkan menuju wilayah Sragen. Yang dikibarkan di Gunung Kemukus yang dikenal dengan wisata religinya.

"Agar gunung Kemukus yang dikenal dengan pariwisata religinya juga nanti berkembang dengan pesat," imbuhnya.

Setelah dari Sragen selanjutnya dibawa ke keraton Solo. Disana juga dilakukan umbul dongo.

Sebelumnya Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Surakarta Hadiningrat, GKR Koes Moertiyah Wandansari, yang biasa disapa Gusti Moeng, mengungkapkan bahwa acara ini akan melibatkan berbagai elemen masyarakat.

Acara yang bertema "Meniti Jalan PB X: Menyatukan Nusantara" ini menampilkan bentang merah putih sepanjang 1.000 meter, yang melambangkan semangat persatuan bangsa, seperti yang diwariskan oleh Paku Buwono X dalam upayanya menyatukan Nusantara.

"Besuk bendera merah putih sepanjang 1.000 meter akan dibentangkan mengelilingi Baluwarti oleh 1.000 peserta," pungkas Gusti Moeng.

 

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network