Komplet dan Megah! Venue Para Badminton Peparnas XVII Solo 2024 Bikin Atlet Terpukau

Muhammad Bramantyo
Kemegahan Edutorium UMS tempat dimana bulutangkis diajang Peparnas digelar membuat para atlet terpukau (Foto: Ist/iNewslaranganyar.id)

SOLO, iNewslaranganyar.id - Sorak sorai menggema di tribun penonton saat kontingen Jawa Tengah bertanding melawan Kalimantan Selatan dalam pertandingan Para Bulu Tangkis Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Solo 2024, Senin (7/10/2024).

Siang itu, laga sengit tengah terjadi di semifinal kelas Nasional Beregu Putra di Gedung Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Tak hanya penonton umum, atlet dari kontingen lain yang tidak bertanding pun turut memberikan dukungan kepada atlet di lapangan. 

Meski kejuaraan baru menginjak hari pertama, euforia mulai terasa di gedung yang disebut-sebut mirip Allianz Arena, markas klub sepak bola asal Jerman, Bayern Munchen tersebut.

Bukan kali ini saja Edutorium UMS menjadi tuan rumah ajang disabilitas bergengsi, khususnya para badminton. 

Sebelumnya, gedung yang terletak di Karangasem, Solo, itu telah sukses menggelar ASEAN Para Games (APG) 2022. Baru-baru ini Edutorium juga menghelat ajang HYDROPLUS Indonesia Para Badminton Internasional 2024.

Venue Manager Para Bulu Tangkis PEPARNAS XVII Solo, M. Siam Priyono, mengatakan sejak awal gedung Edutorium UMS memang didesain dengan konsep multifungsi. Sehingga, kalangan disabilitas pun dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dengan nyaman. 

"Gedung ini telah didesain ramah difabel. Sehingga standar terkait disabilitas telah kami penuhi,” ujar Yoyon, sapaan akrabnya, saat ditemui di venue.

Fasilitas Pendukung

Edutorium UMS memiliki sejumlah fasilitas penunjang untuk difabel seperti akses ramp memadai serta kamar mandi dan toilet yang ramah disabilitas. "Bahkan kami menyediakan tribun bagi kalangan penyandang disabilitas," imbuh Yoyon yang notabene menjadi salah satu arsitek Edutorium UMS.

Editor : Ditya Arnanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network