Tiga Parpol Menengah di Karanganyar Sepakat Berkoalisi di Pilkada,Sinyal Kuat Poros Tengah Terbentuk

Bramantyo
Tiga pimpinan Parpol sepakat berkoalisi (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Suhu politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Karanganyar semakin memanas. Tiga partai politik, PKB, PKS dan PAN sepakat membentuk koalisi poros tengah

Bahkan ketiga parpol menengah ini menandatangani kesepakatan dalam sebuah dalam Deklarasi Koalisi Kebersamaan yang digelar di Green Resto, Karanganyar, Selasa (19/5/2024).

Dengan bergabungnya ketiga parpol ini, kekuatan politik di Karanganyar semakin menghangat. Pasalnya, koalisi PKS, PAN Dan PKB ini memiliki kekuatan 12 kursi di DPRD Karanganyar. 

Dan kekuatan baru ini telah memenuhi syarat untuk mendaftarkan pasangan calon bupati dan wakil bupati sendiri. 

"Dimana PKS memiliki lima kursi, PAN dua kursi dan PKB meraih lima kursi. Koalisi ini kita sebut Koalisi Kebersamaan," terang Sekertaris DPD PKS yang juga juru bicara koalisi, Darwanto, Selasa (18/6/2024). 

Ia mengatakan, tiga parpol ini siap berperan aktif dalam pilkada 2024. Dan ketiganya  sudah sampai pada tahapan kesepahaman dan sudah menemukan satu titik kesamaan visi, misi.

"Pasca kesepakatan ini segera ditindaklanjuti dengan kontrak politik tiga partai. Dengan Koalisi Kebersamaan untuk Karanganyar yang lebih baik lagi," imbuhnya.

Darwanto juga sampaikan koalisi PKS, PAN dan PKB ini masih dinamis, artinya peluang menambah gerbong koalisi masih terbuka. Bahkan potensi bergabungnya parpol lain   bisa saja terjadi.

Ketua DPD PKS Karanganyar Anwar Susilo menyebut koalisi kebersamaan ini harus dikedepankan. Sebagai partai tengah mau tak mau harus berkoalisi dengan partai politik lain untuk mengusung paslon dalam pilkada Karanganyar

"Kebersamaan ini kita bangun atas kesamaan cara pandang. Kita akan berupaya maksimal untuk mengajukan calon sendiri dalam pilkada Karanganyar," imbuhnya. 

Sementara itu ketua DPC PAN Karanganyar Sri Sumarti koalisi ini merupakan keputusan matang, sudah ada kesepakatan sebelumnya. Dimana PAN Karanganyar menyatakan sikap karena hanya memiliki dua kursi di DPRD dan tidak bisa mencalonkan sendiri  maka perlu adanya koalisi.

"Melihat situasi dan  perkembangan perpolitikan di Karanganyar tentang pilkada Karanganyar, DPD PAN Karanganyar siap bergabung dalam koalisi Kebersamaan. 

"Kemudian bersama-sama menetukan bupati dan calon bupati yang akan diusung dalam pilkada Karanganyar 2024," tandasnya.

Ketua DPC PKB Sulaiman Rosyid menambahkan sejak awal bulan Ramadhan sudah intens melakukan  komunikasi terkait beberapa gagasan  hingga akhirnya terwujud dalam Koalisi Kebersamaan.

"Alhamdulillah bertambah dengan bergabungnya PAN dalam koalisi ini. Koalisi ini diharapkan bisa memunculkan tokoh alternatif untuk bisa menjawab apa yang diinginkan masyarakat Karanganyar," tandasnya.***

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network