BP Batam Intip Potensi Ekspor Produk UMKM Solo 

Danang Prabowo
Pelaku usaha kecil menengah (UKM) Indonesia memiliki peluang besar untuk memperluas pasar ekspor. Kota Solo menjadi salah satu yang memiliki potensi tersebut (Foto: Ist)

SOLO, iNewskaranganyar.id - Pelaku usaha kecil menengah (UKM) Indonesia memiliki peluang besar untuk memperluas pasar ekspor. Kota Solo menjadi salah satu yang memiliki potensi tersebut. Banyak produk UKM Solo yang bisa mendunia, seperti batik, furniture, handicraft dan lainnya. 

Staf Informasi dan Promosi Kantor Perwakilan BP Batam Ahmad Nurfadli mengatakan peningkatan pasar ke luar negeri bagi UKM, dapat dilakukan dengan beberapa strategi. Salah satunya ialah dengan menerapkan standar, persyaratan regulasi teknis, serta prosedur penilaian kesesuaian di negara tujuan. 

"Kita presentasi tentang BP Batam disini kepada para pelaku UKM dengan tujuan untuk menumbuhkan semangat ekspor. Untuk peningkatan ekonomi nasional," ujar Nurfadli saat menjadi pembicara dalam seminar bertema ‘Membangun Semangat Ekspor untuk Peningkatan Ekonomi Nasional’ di Sala View Hotel, Solo, Selasa (26/9/2023). 

Nurfadli mengatakan, dalam kunjungan serupa di beberapa kabupaten/kota di Jawa Tengah, pihaknya melihat sejumlah potensi yang bisa berpeluang untuk ekspor. Seperti di Pekalongan, ada produk kripik nangka yang sudah terkenal. 

"Kita sharing infonya saja, kira-kira gambaran dari wawasan kami itu seperti apa. Jadi apa yang dimiliki peserta, UMKM di daerah kita tunjukin cara-caranya ekspor seperti ini. Secara prosedural itu seperti apa," katanya. 

Editor : Ditya Arnanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network