DPR Minta Pertamina Berperan Aktif Menjaga Ketahanan Energi Nasional

Bramantyo
Aria Bima mint peran Pertamina ditingkatkan (Foto: Ist)

"Karena sumber minyak di Indonesia umumnya sudah tua dan produksinya menurun. oleh karena itu PHE harus memperbaharui sumber minyak yang ada," tandasnya. 

"Produksi minyak mentah dan kondensat yang dihasilkan oleh Subholding Upstream disalurkan kepada kilang-kilang Pertamina untuk diolah yang kemudian dinikmati oleh rakyat Indonesia sebagai konsumen akhir," lanjut dia.

Menurut politisi asal Solo, Komisi VI DPR RI dalam rapat dengan PT Pertamina telah meminta untuk terus melakukan inovasi dalam meningkatkan produksi migas. Sehingga target lifting tahun 2023 sebesar 1.769.000 barel minyak perhari dapat tercapai.

"Tantangan yang dihadapi Pertamina adalah bagaimana meningkatkan produksi dan menurunkan impor. Untuk meningkatkan kemandirian ekonomi dan sesuai grand energi nasional, Pertamina diharapkan dapat mengurangi ketergantungan terhadap impor BBM dengan optimalisasi produksi migas, serta melakukan ekspansi petrokimia yang saat ini masih bergantung pada impor," katanya.

Dikatakan Bima, sinergi antar Pertamina grup merupakan pewujudan komitmen bersama dalam tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan energi nasional, menjaga kemandirian dan kedaulatan energi. 

"PHE harus menerapkan 3 strategi inisiatif dalam eksplorasi. Dimulai dari pengelolaan aset wilayah eksisting melalui pengembangan teknologi dan play concept baru, strategi new venture dan strategi new partnership," pungkas dia.

External Communication & Stakeholder Relation PHE, Eviyanti Rofraida menambahkan, PHE selaku Subholding Upstream, PHE berperan sebagai kontributor utama produksi migas nasional. Tahun 2022, PHE memberikan kontribusi sebesar 68 persen produksi minyak nasional dan 34 persen produksi gas nasional. 

Editor : Ditya Arnanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network