get app
inews
Aa Read Next : Jelang Arus Mudik, Polres Karanganyar Sidak SPBU, Ini yang Diperiksa

Pertamina Hadirkan Energi Bersih Lewat Desa Energi Berdikari Bareng Politeknik Negeri Cilacap

Selasa, 02 Juli 2024 | 11:35 WIB
header img
Pertamina Hadirkan Energi Bersih Lewat Desa Energi Berdikari Sobat Bumi Bareng Politeknik Negeri Cilacap (Foto: iNewskaranganyar. id/Bramantyo)

CILACAP, iNewskaranganyar. id - Program Desa Energi Berdikari Sobat Bumi (DEB SoBI) dihadirkan PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation bersama Politeknik Negeri Cilacap (PNC) di Desa Welahan Wetan Kecamatan Adipala, Cilacap.

Program itu diresmikan Direktur PNC dan dihadiri Camat Adipala serta Project Head Pertamina Foundation dan Officer Communications & Relations PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap.

Saat meresmikan, Riyadi Purwanto mengungkapkan, mengatakan inovasi yang dihadirkan berupa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk pengairan sawah dan komposter pupuk bagi kelompok ternak Dadi Mulya. 

Kegiatan ini diresmikan pada Rabu 26 Juni 2024 di Balai Desa Welahan Wetan yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, dan Kepala Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. 

Ia mengatakan DEB SoBI mampu mendorong mahasiswa berinovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa.
 
"Penerima beasiswa Pertamina bersama mentor dan mahasiswa PNC lainnya saling bahu-membahu untuk menghadirkan solusi bagi permasalahan di desa ini. Dengan adanya PLTS untuk pengairan dan komposter, kami harap mampu menghemat biaya operasional para petani sekaligus mengenalkan mereka dengan energi bersih," ucap Riyadi, dalam rilis yang diterima iNewskaranganyar. id, Selasa (2/5/2024). 
 
Inovasi yang dihadirkan dalam DEB SoBI PNC, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 2800 WP yang mampu mengoperasikan pompa air dengan beban 600 watt dan alat komposter pengaduk dengan beban 745 watt. 

Dari pompa tersebut, debit air yang dihasilkan sebesar 300 liter per menit dengan daya tampung tandon sebesar 3000 liter air sehingga dalam waktu sekitar 10 menit tandon dapat terisi air dengan penuh.
 
“Pada saat ini, sawah yang mampu dialiri air seluas 2 hektar. Sedangkan alat komposter yang kami bangun mampu mengaduk kotoran sapi dan sekam padi seberat 50 sampai dengan 100 kg. Selain itu, kami memasang lampu di sekitar jalan menuju PLTS untuk penerangan warga sekitar,” tambah Riyadi
 
Direktur PNC juga menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung program DEB SoBI di Welahan Wetan dan berharap program ini dapat direplikasi di desa-desa lain di Indonesia. Project Head Pertamina Foundation Ermawan Fitra mengapresiasi PNC atas pelaksanaan program DEB SOBI di Desa Welahan Wetan.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut