Kenali 5 Mindset Trading Bagi Pemula, Apa Saja?

Didik Kartika
Belajar trading pemula (Foto: iNewskaranganyar.id/Didik Kartika)

Dengan melatih melakukan analisa, akan memiliki analisa support dan resistance (titik perubahan arah-red) yang cukup kuat. 

“Seringnya melakukan latihan dan analisa, saya memiliki landasan yang kuat. Landasannya, pertama teori analisa teknikal dan kedua dari pengalaman trading. Buktinya apa (memiliki) pengalaman trading, buktinya memiliki jurnal trading,” imbuhnya. 

Meminimalkan kesalahan

Ada beberapa poin penting dalam mindset meminimalkan kesalahan. Poin-poin penting tersebut adalah:

Pergerakan harga yang tidak sesuai trading adalah hal yang lumrah

Dalam dunia trading semua sangat sulit diprediksi benar 100 persen. “Jadi kalau kita melakukan analisa salah, itu lumrah banget,” jelas Narko. 

Untuk itu ada money management yang harus dimiliki para trader, agar tetap bijaksana dalam mengatur uang yang akan digunakan untuk trading. 

“Karena kita tidak tahu pasti kemana harga akan bergerak,” tegasnya.

Menjadi lebih baik jika selalu belajar dari trading plan yang tidak sesuai rencana 

Bila sudah mengetahui diri kita salah dan melakukan kesalahan, maka yang perlu dilakukan adalah mempelajari kesalahannya. 

Dirinya menyarankan, bila ada trader yang tidak begitu menyukai teori tentang trading, bisa tetap belajar dengan langsung praktik. 

“Tidak usah terlalu banyak baca buku. Misal kita tahu support resistance seperti itu, maka kita coba juga praktik. Kita coba belajar analisa,” kata dia. 

Dicontohkan lagi, sebelum (before) melakukan transaksi diperlukan perencanaan. Perencanaan sebelum transaksi tersebut, sebaiknya disimpan guna untuk mempelajari atau menganalisa usai (after) transaksi terjadi. 

“Kita analisa, harga akan naik. Tapi ternyata harga turun. Wah salah nih…salahnya dimana?” imbuh Narko. 

Kesalahannya bisa dituliskan, misalnya, kurang memperhatikan tren market jangka panjang. Tidak memperhatikan pola pergerakan harganya, kurang memperhatikan indikator atau alat bantu untuk menganalisa pergerakan harga. 

“Selalu belajar itu penting banget. Salah satunya dengan membuat jurnal,” terang dia. 

Trader sukses selalu berusaha meminimalkan kesalahan 

Bila trader melakukan kesalahan sebaiknya untuk mencatat dimana letak kesalahan yang dibuat. “Kemarin saya melakukan kesalahan melihat tren. Sekali, dua kali gak papa. Lalu kita pelajari, cara melihat tren yang benar itu seperti ini,” paparnya. 

Dirinya menambahkan, salah satu upaya untuk segera bisa meminimalkan kesalahan dengan memperbanyak sharing. Bisa mencari tahu melalui sharing atau bertanya kepada teman. 

“Misal entry buy, oo ternyata harga turun kena stop loss. Coba cari tahu, dimana kesalahannya. Mungkin bisa tanya di grup (member),” imbuh dia. Bisa jadi kita salah dalam membaca tren.

Sabar dan tenang

Yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah sikap Sabar dan Tenang. 

Kuncinya adalah ketenangan dalam bertindak 

Narko menyebutkan, para trader jangan takut kehilangan peluang. “Peluang selalu ada. Jangan sampai teman-teman takut kehilangan peluang. Hari ini ada peluang, besok ada peluang. Jika besok ketinggalan peluang, besoknya lagi masih ada peluang,” tandas dia. 

Editor : Ditya Arnanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network