get app
inews
Aa Read Next : 10 Tempat Wisata di Dunia Tak Boleh Difoto, Nekat Selfi Penjara Menanti, Apa Saja?

Diakui Dunia Ini 5 Senjata Legendaris Kopassus yang Bikin Baret Merah Makin Ditakuti Lawan

Senin, 13 Juni 2022 | 12:30 WIB
header img
Komando Pasukan Khusus diakui dunia ditakuti lawan (Foto: doc. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) satuan elit TNi AD diakui Dunia. Satuan tempur ini adalah pasukan yang ditakuti lawan dan disegani kawan.

Korps Baret Merah ini Kemampuan tempurnya telah diakui dunia internasional. Bahkan sejajar dengan pasukan elit militer dunia.

Kemampuan tempur pasukan Baret Merah ini makin hebat dan ditakuti dengan didukung oleh senjata yang mumpuni.

Ada beberapa senjata legendaris Kopassus yang digunakan sejak awal pembentukannya. 

Kopassus dibentuk berdasarkan UU pada 16 April 1952 sesuai Instruksi Panglima Tentara dan Teritorium III Nomor 55/Instr/PDS/52 pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Pasukan elit TNI AD ini memang dibekali senjata-senjata canggih sejak pembentukan pertama, saat itu bernama Kesko TT III/Siliwangi, termasuk salah satunya AK-47, senjata favorit di seluruh dunia.

1. Bren


Senjata andalan kopassus

Senjata yang termasuk dalam kategori senapan mesin ringan (SMR) ini sudah diproduksi sejak 1930 oleh Inggris. Senapan ini dipakai oleh Kopassus sejak 1952 hingga 1991 akhir. 

Senapan ini merupakan hasil modifikasi dari ZB vz buatan Cekoslovakia. Keandalan dan kemampuannya diuji oleh Angkatan Darat Inggris dalam kompetisi senjata api pada 1903.

Bren mulai terkenal saat Perang Dunia II yang dipakai dalam pertempuran Falkland dan Perang Korea. Selain itu senjata ini juga digunakan pasukan Allied Force Netheelands East Indies saat peristiwa berdarah 10 November 1945 di Surabaya.

Kopassus pernah menggunakan senjata ini untuk memberantas pemberontakan dan gerakan separatis di Indonesia.

2. MP-2 atau IMI Uzi


Senjata andalan kopassus

Senjata yang juga termasuk SMR ini dibuat oleh Israel dan dikembangkan sejak 1949. Bentuknya menyerupai pistol sehingga praktis dibawa dan digunakan.

Uzi memiliki titik tumpu pada grip pistol. Kecepatan menembak senapan ini sebanyak 60 butir per menit. Sementara saat digunakan untuk menembak beruntun bisa memuntahkan 120 peluru per menit. Jarak tembak otomatis berkisar 100 meter dan bisa meningkat sampai 200 meter saat digunakan untuk tembakan salvo.

Kopassus pernah menggunakannya dalam operasi pembebasan sandera Woyla, Thailand. 

3. Avtomat Kalashnikova 1947 (AK-47)


Senjata andalan kopassus

Senjata paling populer ini dibuat orang Uni Soviet, Mikhail Kalashnikov. Sebelum membuat senjata ini, Mikhail terlebih dulu mempelajari senjata StG44 buatan Jerman sehingga bentuk AK-47 sangat mirip.

Saat menjalin hubungan dekat dengan Uni Soviet, Indonesia mendapat ribuan pucuk senapan ini.

Ketahanan AK-47 tak diragukan lagi, senjata legendaris Kopassus ini dapat bertahan di lumpur, dalam air, serta mudah dalam perawatan. Tak heran jika senjata ini juga populer digunakan berbagai pasukan asing maupun para gerilyawan.

4. SS-2 V5


Senjata andalan Kopassus

Kopassus tidak hanya mengandalkan senjata buatan asing, namun produksi dalam negeri yakni Pindad. Salah satu senjata itu adalah senapan serbu SS-2 V5 yang digunakan sejak 2012. Sebenarnya SS-2 sudah mengalami modifikasi sejak 2005 dari SS-2 V1 sampai terakhir, SS-2 V5.

SS 2 V5 merupakan versi perbaikan dari SS-2 V1 hingga SS-2 V4 yang digunakan oleh TNI. Ukuran SS-2 V5 lebih pendek, ringan, dan nyaman digunakan jika dibandingkan pendahulunya. Selain itu daya kelembaban dan akurasinya lebih tinggi daripada sustain rate of fire SS-2 V4.

Kelebihan dari SS-2 V5 terdapat pada ball stopper yang berguna untuk pengokangan senjata secara otomatis saat peluru habis. Jangkauan senjata ini mencapai 400 sampai 500 meter yang juga dilengkapi Tactical CQT.

5. MP5


Senjata andalan kopassus

Senjata pertempuran jarak dekat ini juga dikenal dengan nama Heckler & Koch Maschinenpistole dan diproduksi oleh Jerman pada 1960. Bentuknya serupa dengan pistol, namun lebih panjang dan besar.

Produsen sengaja mendesain MP5 untuk pasukan khusus. MP5 memiliki berbagai macam varian dan sudah digunakan oleh setidaknya 50 militer negara, salah satunya TNI.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut