get app
inews
Aa Read Next : Selaras Fatwa, MUI Apresiasi Polres Karanganyar Amankan Penjual Bahan Peledak Jenis Sumbu Mercon

Yayasan Gema Salam Minta Khilafatul Muslimin Tak Dikaitkan Sama Terorisme, Begini Alasannya

Jum'at, 10 Juni 2022 | 17:19 WIB
header img
Polresta Kota Solo bergerak cepat mencopot papan nama Khilafatul Muslimin (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

SOLO, iNews.id - Aparat Kepolisian mengamankan pimpinan sekaligus pendiri Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Hasan Baraja di Provinsi Lampung pada Selasa (7/6/2022) lalu.

Pasca penangkapan tersebut, kantor Khilafatul Muslimin di berbagao daerah digeledah dan pengurusnya dimintai keterangan. Tidak terkecuali di wilayah Solo dan Klaten. Mensikapi hal tersebut Awod, Pembina Yayasan Gema Salam memiliki pandangan berbeda.

Menurutnya aparat kepolisian tak perlu menahan pimpinan atau pengurus Khilafatul Muslimin.

"Pasalnya jamaah atau organisasi tersebut tak mempunyai pengaruh pada masyarakat Indonesia," jelasnya dalam rilis tertulis yang diterima iNewskaranganyar.id, Jumat (10/6/2022).

Khilafatul Muslimin ini berdiri sejak 1997 namun pertumbuhan pengaruhnya bagi masyarakat bisa dibilang hampir tidak ada, jumlah anggotanya saja sangat sedikit.

Mereka juga tidak pernah berbuat kriminal sebelumnya apalagi mereka masih mengakui dasar negara yaitu Pancasila dan NKRI

"Artinya ini hanya masalah pemikiran saja yang sebenarnya bisa dilakukan pembinaan oleh Negara, yang dalam hal ini adalah ranah BNPT atau lembaga lain yang terkait, seperti BPIP dan juga bisa melibatkan MUI,"bebernya.

Awod juga sampaikan masalah Khilafatul Muslimin ini tidak ada kaitannya dengan terorisme, aparat kepolisian juga menangkap mereka bukan karena kegiatan terorisme.

"Hal ini perlu disosialisasikan agar masyarakat tidak resah, dan jangan ada pihak-pihak yang justru mengait-ngaitkan masalah ini dengan terorisme, apalagi muncul dari pejabat negara," tuturnya.

Masalahnya saat ini kata-kata khilafah begitu ditakuti seolah-olah akan merongrong kedaulatan negara padahal tidak. 

"Alangkah bijaknya jika jamaah Khilafatul Muslimin itu cukup dibina saja dengan pendekatan pemikiran tidak perlu dengan penegakan hukum yang berlebihan," tandasnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut