get app
inews
Aa Read Next : Kontes Robot Nasional 2024, UMS Matangkan Persiapan! 

PT KAI Siapkan 4 Juta Tempat Duduk Hadapi 'Bom' Pemudik Lebaran 2022

Kamis, 14 April 2022 | 12:31 WIB
header img
PT KAI Siapkan tempat duduk dalam jumlah banyak saat lebaran (Foto: inewskaranganyar/Bramantyo)

SOLO, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah mempersiapkan 4 juta seat tempat duduk baik kereta api jarak jauh maupun jarak dekat untuk menghadapi kemungkinan terjadinya 'bom' pemudik saat lebaran 2022 nanti.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartanto mengatakan selain mempersiapkan jumlah duduk dalam jumlah banyak, PT KAI itu pun selama periode mudik Lebaran, dalam satu hari PT KAI siapkan ada sekitar 240-250 perjalanan KA secara nasional.

Dengan frekuensi perjalanan tersebut, PT KAI telah menyiapkan sebanyak 260.000 tiket/hari.

"Untuk kereta api jarak jauh sekitar 2.5 juta seat dan sampai saat ini sudah dibeli masyarakat sekitar 35 persen,"papar Didiek saat kunjungannya ke stasiun Balapan Solo, Rabu 13 April 2022 kemarin.

"Jadi selama 20 hari (masa mudik) ada sedikitnya 4 juta seat  yang kami siapkan bagi pemudik,"imbuhnya.

Didiek juga memprediksi akan terjadi lonjakan penumpang cukup tinggi saat lebaran ini. Karena sudah 2 tahun ini tidak diijinkan untuk mudik. 

Untuk itu, Didiek berharap agar Pemkot Solo ikut mengantisipasi lonjakan pemudik. Apalagi Kota Solo termasuk salah satu kota tujuan pemudik terbesar di Jawa Tengah saat lebaran nanti.

"Untuk PT KAI juga demikian, mudik terakhir tahun 2019, tahun 2020 sama sekali tidak ada mudik, tahun 2021 ada namun terbatas dan menerapkan peraturan ketat," lanjut Didiek.

Ia menambahkan, bagi pemudik yang sudah vaksin booster tidak perlu lagi syarat skrining baik tes antigen maupun PCR. Untuk itu, pihaknya dihimbau masyarakat yang belum mendapatkan suntik booster untuk segera vaksin.  

Editor : Bramantyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut