get app
inews
Aa Read Next : Gagal Perang Sarung di Nayu Solo, 1 Pelaku Diamankan

Kontes Robot Nasional 2024, UMS Matangkan Persiapan! 

Senin, 29 Januari 2024 | 18:47 WIB
header img
UMS mulai persiapkan Kontes Robot Indonesia 2024 dengan mengunjung Uneversitas Semarang

Solo, iNewskaranganyar - Menjadi tuan rumah dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) matangkan persiapan.

Persiapan ini antara lain melalui Biro Kemahasiswaan melaksanakan kunjungan ke Universitas Semarang.

KRI 2024 rencananya akan berlangsung di UMS pada pertengahan tahun ini.

UMS melakukan kunjungan itu dalam rangka memperdalam pengetahuan UMS. Yang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan KRI 2024. Karena Universitas Semarang yang menjadi tuan rumah KRI tahun lalu.

Menurut Kepala Bagian Penalaran, Kreativitas & Soft Skill Biro Kemahasiswaan UMS, Muhammad Al Fatih Hendrawan, S.T., M.T., pihak UMS yang turut serta dalam kunjungan itu meliputi Wakil Rektor 3. Serta Kepala Biro Kemahasiswaan, Kepala Biro Teknologi Informasi, Dekan Fakultas Teknik. Dan Wakil Dekan Kemahasiswaan Fakultas Teknik, serta Kepala Program Studi Teknik Elektro.

"Dari pihak Universitas Semarang, yang menyambut kami adalah Wakil Rektor 3, Kepala dan Sekretaris Program Studi Teknik Elektro. Dan Kepala Kemahasiswaan sekaligus Ketua Panitia KRI tahun lalu," lanjut Fatih, Sabtu, (27/1/2024).

Kepala Biro Kemahasiswaan UMS, Ahmad Kholid Al Ghofari, S.T., M.T., menjelaskan, pertemuan yang dilakukan antara UMS dengan Universitas Semarang pada tanggal 22 Januari 2024 itu dalam bahasan mengenai bagaimana mengelola event nasional. Yang melibatkan kepanitiaan kolaborasi antara dosen dengan mahasiswa.

"Ada tujuh divisi dalam KRI dan mempunyai kekhasan tersendiri. Karena saat final semuanya berjalan secara luring. Dan memiliki lapangan masing-masing di setiap divisi," ungkap Kholid, Sabtu.

Dia juga melanjutkan, pada tahap seleksi KRI 2024 di tingkat wilayah, seleksi tersebut berlangsung secara daring.

"Itu menjadi tantangan bagi kami. Bagaimana UMS bisa memfasilitasi secara daring," tegas Kholid.

Harapannya, sebagai kampus yang besar dan sudah diakui dunia, dengan adanya tuan rumah KRI 2024 akan semakin mengokohkan bahwa UMS kampus yang inovatif. 

"Karena robot adalah salah satu simbol dari kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi  IPTEK. Semoga prestasi UMS di bidang robotik senantiasa meningkat dan perlombaan berjalan lancar minim kendala, serta prestasi akademik dan non-akademik semakin maju," pungkasnya.

Editor : Puspita Priska Lituhayu

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut