get app
inews
Aa Read Next : 10 Artis Telah Siapkan Warisan Buat Anaknya, Ada Bentuk Tabungan Hingga Perusahaan

Kenali Buy dan Sell Anda Sebelum Bermain Saham

Rabu, 13 April 2022 | 16:40 WIB
header img
Ilustrasi saham (Pixebay)

SOLO, iNews.idTrading saham itu sulit? Ini adalah pemahaman yang keliru. Sebenarnya trading saham itu fun bila Anda sudah mengenali style trading Anda sendiri.

Praktisi saham, Albert Natalia mengatakan, kunci awalnya hanyalah Anda hanya perlu memahami bagaimana Buy dan bagaimana Sell saham yang Anda beli.

Albert Natalia menjelaskan, style trading ada beberapa jenis dan tergantung style yang nyaman bagi Anda, antara lain yaitu :

Day Trade/Scalping

Style trading yang ini memiliki gaya trading harian, alias beli dan jual di hari yang sama.

“Dan tentu saja Anda harus meluangkan banyak waktu untuk style trading yang satu ini, karena pergerakan market menentukan bagaimana psikologis Anda dalam mengambil posisi buy dan posisi Anda exit dari saham yang Anda beli,” papar dia kepada iNewskaranganyar.id

Ditambahkan, tentu saja Anda harus berada di depan layar komputer maupun handphone Anda pada jam bursa.

“Untuk Anda yang memiliki kesibukan kerja atau kesibukan yang mengharuskan Anda membagi waktu, maka jenis trading yang satu ini tidak kami sarankan,” saran Albert.

Swing Trade

Albert lebih jauh mengatakan, untuk Anda yang memiliki kesibukan dan tidak bisa fokus dalam memantau pergerakan saham, maka style ini sangatlah cocok bagi Anda.

“Karena tidak harus fokus pada layar trading Anda secara full setiap hari, karena Anda hanya perlu membeli saham yang Anda inginkan dengan harga yang Anda target. Dan tentu saja Anda bisa memasang sell pada harga yang sudah Anda tentukan dengan keuntungan beberapa persen dari harga beli Anda, karena dengan begini psikologis Anda juga akan terjaga,” rangkum Albert.

Investing

Investing merupakan cara investasi saham jangka panjang sesuai dengan target berapa tahun Anda ingin menjual saham yang Anda miliki.

Namun perbedaan investing dan swing ini adalah soal waktu, sehingga Anda akan mendapatkan 2 (dua) keuntungan, antara lain Capital Gain dan Deviden dari perusahaan yang sahamnya Anda miliki.

“Dan tentu saja Anda juga memiliki hak untuk menambah nilai saham setiap saat untuk memperbanyak jumlah saham yang Anda miliki, sehingga ketika Anda sudah ingin menjualnya, nilai dan jumlah saham Anda sudah banyak dan berkembang,” ungkapnya.

“Demikian ulasan yang bisa saya bagikan, bahwa trading saham itu adalah menyenangkan dan mudah, tentu saja dengan modal yang sangat terjangkau,” tutup Albert.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut