get app
inews
Aa Read Next : Inalilahi, Ibu dan Anak Meninggal Ditabrak Truk di Bawah Fly Over Palur

Optimis Kaos Barcode Mampu Bersaing, UMUKA Solo Kirim 5 Mahasiswa Terbang ke Kendari Ikut Ajang KMI

Senin, 14 Oktober 2024 | 18:09 WIB
header img
Optimis Kaos Barcode Mampu Bersaing, UMUKA Solo Kirim 5 Mahasiswa Terbang ke Kendari Ikut Ajang Kewirausahaan KMI (Foto: iNewskaranganyar. id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar. id - Lima mahasiswa Universitas Muhammadiyah Karanganyar (UMUKA) Solo yang akan terbang ke Kendari Sulawesi Tenggara untuk ikut lomba Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) ini, berpamitan dengan PJ Bupati Karanganyar Timotius Suryadi, Senin (14/10/2024). 

Kelimanya Mahasiswa UMUKA Solo yang sebelumnya telah ikut kemahasiswaan kewirausahaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan mendapatkan pendanaan ini bakal mengikutsertakan desain kaos Barcode Scanner dalam lomba tersebut. 

Rektor UMUKA Solo Muh Samsuri yang ikut mendampingi kelima mahasiswanya usai berpakitan dengan PJ Bupati mengatakan Barcode yang tertera pada kaos buatan mahasiswanya itu sangat istimewa. 

Dimana, bila Barcode itu di scanner akan menampilkan semua potensi pariwisata yang ada di Karanganyar. Sehingga tak hanya membawa nama UMUKA Solo diajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) saja, namun kelima mahasiswanya inipun membawa nama Kabupaten Karanganyar diajang yang juga diikuti Universitas terkenal di tanah air. 

"Kelima mahasiswa ini akan ikut lomba yang namannya kewirausahaan mahasiswa Indonesia (KMI) Ekspo di Universitas Halu Oleo (UHO) di Kendari. Ini merupakan tindak lanjut dari pengembangan kewirausahaan mahasiswa yang dulu telah mengikuti program yang namannya Kemahasiswaan Kewirausahaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan yang Alhamdulillah mendapatkan pendanaan, "papar Muh Samsuri. 

"Pendanaan yang didapat itu dikembangkan terus dalam bentuk prodak kaos. Dimana dalam kaos itu ada barcode. Barcode itu memberikan informasi tentang potensi pariwisata di Karanganyar. Kami matur dengan bapak bupati karena itu juga ada hubungannya dengan pembangunan karanganyar dan sambutan yang bagus untuk di kerjasama kan, "terangnya.

Ia optimis kelima mahasiswa ini akan mampu bersaing dengan mahasiswa yang berasal dari Universitas terkenal di Indonesia. Bukan tanpa alasan, saat lomba yang digelar di UNS, para Mahasiswa, ungkap Samsuri, mampu mendapatkan juara. 

"Ada dua target yang ingin kami capai. Karena disana juga diikuti mahasiswa dari Universitas terkenal di Tanah Air, dengan ikut lomba ini akan menimbulkan jiwa korsa. Kedua, mahasiswa yang konsen didunia wirausaha, dengan lomba ini bisa menambah pengalaman mereka," ujarnya. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut