get app
inews
Aa Read Next : Festival Kuliner Non Halal di Solo Dilanjutkan, Pabrik Kecap di Karanganyar Mundur Sebagai Sponsor

Tiga Parpol Menengah di Karanganyar Sepakat Berkoalisi di Pilkada,Sinyal Kuat Poros Tengah Terbentuk

Selasa, 18 Juni 2024 | 17:53 WIB
header img
Tiga pimpinan Parpol sepakat berkoalisi (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Suhu politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Karanganyar semakin memanas. Tiga partai politik, PKB, PKS dan PAN sepakat membentuk koalisi poros tengah

Bahkan ketiga parpol menengah ini menandatangani kesepakatan dalam sebuah dalam Deklarasi Koalisi Kebersamaan yang digelar di Green Resto, Karanganyar, Selasa (19/5/2024).

Dengan bergabungnya ketiga parpol ini, kekuatan politik di Karanganyar semakin menghangat. Pasalnya, koalisi PKS, PAN Dan PKB ini memiliki kekuatan 12 kursi di DPRD Karanganyar. 

Dan kekuatan baru ini telah memenuhi syarat untuk mendaftarkan pasangan calon bupati dan wakil bupati sendiri. 

"Dimana PKS memiliki lima kursi, PAN dua kursi dan PKB meraih lima kursi. Koalisi ini kita sebut Koalisi Kebersamaan," terang Sekertaris DPD PKS yang juga juru bicara koalisi, Darwanto, Selasa (18/6/2024). 

Ia mengatakan, tiga parpol ini siap berperan aktif dalam pilkada 2024. Dan ketiganya  sudah sampai pada tahapan kesepahaman dan sudah menemukan satu titik kesamaan visi, misi.

"Pasca kesepakatan ini segera ditindaklanjuti dengan kontrak politik tiga partai. Dengan Koalisi Kebersamaan untuk Karanganyar yang lebih baik lagi," imbuhnya.

Darwanto juga sampaikan koalisi PKS, PAN dan PKB ini masih dinamis, artinya peluang menambah gerbong koalisi masih terbuka. Bahkan potensi bergabungnya parpol lain   bisa saja terjadi.

Ketua DPD PKS Karanganyar Anwar Susilo menyebut koalisi kebersamaan ini harus dikedepankan. Sebagai partai tengah mau tak mau harus berkoalisi dengan partai politik lain untuk mengusung paslon dalam pilkada Karanganyar

"Kebersamaan ini kita bangun atas kesamaan cara pandang. Kita akan berupaya maksimal untuk mengajukan calon sendiri dalam pilkada Karanganyar," imbuhnya. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut