get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Hari Pertama Pasca Libur Lebaran, RSUD Kartini Karanganyar Panen Pasien, Mayoritas Didominasi Diare

Senin, 15 April 2024 | 19:10 WIB
header img
Hari Pertama Pasca Libur Lebaran, RSUD Kartini Karanganyar Panen Pasien, Mayoritas Didominasi Diare dan Ispa (Foto: iNewskaranganyar. id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kartini Karanganyar mencatat terjadi lonjakan kunjungan pasien,pasca Lebaran Idul Fitri 1445 H. Semua tempat tidur yang ada di RSUD Kartini terisi.

Peningkatan pasien dirumah sakit milik pemerintah itu mulai dari rawat jalan, rawat inap, maupun UGD (Unit Gawat Darurat). Ruangan HCU dan Kamar bersalin semuanya full bed.

Direktur RSUD Karanganyar dr Arief Setyoko mengatakan rata-rata pasien yang dirawat RSUD Kartini mengeluhkan penyakit Demam,gangguan pencernaan dan Diare. 

Pihaknya mencatat, sedikitnya ada 771 pasien layanan rawat jalan pada hari ini. Pasien langsung menyerbu layanan rawat jalan setelah tutup karena libur Lebaran.

"Mayoritas mereka mengalami diare, ISPA, demam, typoid dan DBD. Tapi yang paling banyak Diare dan Ispa, " ungkap Arief saat ditemui iNewskaranganyar. id di ruang kerjanya, Senin (15/4/2024). 

Ia mengatakan karena banyaknya pasien maka pihaknya mengambil kebijakan membuka layanan rawat jalan RSUD Karanganyar lebih cepat sehari dari cuti bersama Lebaran yang ditetapkan pemerintah pada Selasa (16/4/2024).

"Kami membuka layanan rawat jalan lebih cepat sehari dari jadwal cuti bersama lebaran yang mulai aktif pada Selasa (16/4/2024). Seluruh pelayanan rawat jalan dibuka penuh, termasuk layanan dokter spesialis, " paparnya. 

"Pasien yang datang baik yang kontrol maupun umum langsung memenuhi layanan rawat jalan RSUD Karanganyar sejak pukul 07.00 WIB, " Imbuhnya. 

Selama libur Lebaran, ungkap Arief, penanganan pasien yang membutuhkan penanganan kesehatan dilakukan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang di buka selama 24 jam. 

"Pelayanan di RSUD Karanganyar tetap buka seperti biasa, tidak ada perubahan. Meski poliklinik rawat jalan tutup sementara saat libur Lebaran. Yang buka selama 24 jam selama libur Lebaran itu IGD. Semua warga yang membutuhkan penanganan kesehatan di layani di Instalasi Gawat Darurat (IGD), " paparnya. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut