get app
inews
Aa Read Next : Satpol PP Tangsel Razia Kos-kosan: Wanita Open BO dan Pasangan Kumpul Kebo Digelandang

Ombudsman Banten Pantau Kesiapan Arus Mudik 2024

Selasa, 02 April 2024 | 03:42 WIB
header img
Ombudsman Banten Pantau Kesiapan Arus Mudik 2024 (Foto: iNewskaranganyar. id/Doni Mahendro)

“Kami sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak yaitu dengan ASDP, Polres, Polda dan Pemda, sudah kami diskusikan potensi masalah dan mitigasi penanganannya," ujar Yohanes 

Menurutnya, dari hasil koordinasi tersebut juga telah dihasilkan beberpaa hal diantaranya skema alur pemudik dari datang hingga masuk ke Kapal.

Dimana telah disediakan lahan khusus untuk menunggu dengan kapasitas 2000 motor yang dilengkapi tenda agar teduh, toilet, ruang bermain anak, hingga UMKM yang menjual makanan dan minuman untuk pemudik.

"Untuk ketersediaan Kapal sendiri yaitu sebanyak 11 Kapal dengan kapasitas 200-400 orang per Kapal," jelasnya.

Selain itu, menurut Yohanes terdapat satu hal yang perlu tekankan yaitu pembagian kewenangan karena Pelindo hanya berwenang dalam kegiatan dan arusnya untuk hal lainnya.

Seperti sarana dan prasarana, tiket dan lainnya menjadi kewenangan ASDP, keamanan dan ketertiban menjadi kewenangan dari pihak Kepolisian sehingga sinergitas diantara semua pihak menjadi hal yang sangat penting.

Didalam pertemuan tersebut juga mendikusikan terkait kendala-kendala yang mungkin terjadi seperti penumpukan pemudik, Ombudsman Banten menyarankan agar dilakukan simulasi yang matang dengan memperhitungkan kapasitas kapal dan waktu sandar shingga pemudik tidak menunggu terlalu lama.

Menurut Ombudsman, pelaksanaan mudik di Pelabuhan Ciwandan tetap harus berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan yang prima pada masyarakat. 

Meskipun Pelabuhan Ciwandan sejatinya pelabuhan barang, namun masyarakat yang telah membayar layanan semestinya tetap mendapat pelayanan yang optimal, baik di pelabuhan maupun pada saat di dalam Kapal sehingga perjalanan mudik dirasakan nyaman dan aman bagi masyarakat.

Selain itu, Ombudsman juga menyampaikan bahwa perlu adanyan pusat informasi dan penanganan keluhan untuk mengakomodir bagi pemudik yang membutuhkan informasi maupun bantuan terkait penyelesaian keluhan yang dihadapi.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut