get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Hidup Redup Sidup, Kisah Paikem Warga Karanganyar yang Digrogoti Diabetes Bertahan Dirumah Reot

Kamis, 29 Februari 2024 | 11:56 WIB
header img
Potret Kemiskinan di Karanganyar, Cerita Nestapa Paikem Bertahan Hidup Dirumah Reot Nyaris Ambruk (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Paikem (60) meringis menahan sakit saat berusaha bangkit dari tempat tidurnya saat kediamannya didatangi Wakil Ketua DPRD Karanganyar Anung Marwoko.

Luka pada kaki kiri yang diderita warga Dusun Gandurejo RT 001/RW 003, Desa Sewurejo, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar akibat penyakit diabetes inilah yang memaksannya harus banyak berbaring ditempat tidur. 

Tiga bulan sudah mbah Paikem terbaring di kasur itu. Penyakit diabetes yang dideritannya itulah yang membuat luka dikakinya semakin parah. Bahkan hingga mengeluarkan nanah.

Paikem hanya bisa pasrah menerima keadaannya. Himpitan ekonomi yang menderanya, membuatnya tak mampu untuk mengobati luka yang dideritannya. Jangankan untuk berobat, untuk makan sehari-hari saja, sulit.


Rumah Paikem nyaris Ambruk (Foto:iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

 

Paikem hanya ditemani Yatmi (41) putrinya. Keduannya tinggal disebuah rumah yang nyaris ambruk. Untuk menopang agar rumah itu tak ambruk, tembok itu disangga bambu. Sementara lantai seluruh rumahnya masih beralaskan tanah.

Tembok rumahnya masih bata tanpa plester. Diantara celah tembok bata rumah itu terlihat retak hingga membuat lubang cukup menganga. 

Bahkan untuk ke kamar mandipun harus melewati sebuah batu yang disusun sebagai anak tangga. Sehingga bila hujan, batu itu sangat licin. Bahkan Anung Marwoko yang datang menjenguk sendiri saja tak tega melihat kondisi Paikem yang berbaring dipan yang hanya beralaskan kasur tipis.

"Selamat datang pak Anung dirumah kami. Ya seperti ini pak rumah kami,"ucap Yatmi saat melihat kedatangan Anung, Kamis (20/2/2024).

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut