get app
inews
Aa Read Next : KPU Karanganyar Pastikan Patuhi Putusan MK, 5 Parpol Bisa Usung Calon Mandiri

KPU Pastikan Proses Pengemasan Logistik Pemilu Rampung 1 Februari, Termasuk Wilayah Terpencil

Jum'at, 26 Januari 2024 | 23:57 WIB
header img
KPU Pastikan Proses Pengemasan Logistik Pemilu Rampung 1 Februari, Termasuk Wilayah Terpencil (foto:iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan bahwa tahapan sortir dan lipat surat suara serta pengemasan semua logistik pemilu di seluruh kabupaten kota dapat selesai 100 persen pada 1 Februari 2024.

Komisioner KPU RI Idham Kholik usai Diskusi bersama KPU kabupaten/kota di Soloraya dan area Semarang di Kantor Sekretariat KPU Karanganyar mengatakan bahwa proses sortir dan lipat surat suara terus berlangsung sesuai jadwal. Setelah proses sortir dan lipat suara selesai, tinggal proses pengemasan logistik pemilu.

"Alhamdulillah semua berjalan lancar, logistik tidak ada permasalahan yang berarti. Nanti tanggal 13 Februari 2024 logistik pemungutan suara sudah ada di TPS,"papar Idham pada iNewskaranganyar.id, Jumat (26/1/2024).\

Dia juga mengatakan, proses sortir dan lipat surat suara serta pengemasan logistik baik kotak suara, bilik suara hingga perlengkapan di tempat pemungutan suara (tps) lainnya secara nasional juga sejauh ini tidak mengalami hambatan maupun kendala.

Termasuk logistik di wilayah terpencil hingga di area pegunungan, sudah hampir selesai 100 persen.

“Insyaallah 1 Februari semua sudah terkemas dan tanggal 13 Februari logistik pemungutan suara sudah ada di TPS,” kata dia.

Idham Holik pun memastikan bagi pemilih pemula yang belum memiliki E-KTP tetap bisa memberikan hak suaranya saat pemilu mendatang.

Berkaitan dengan pemilih pemula yang sudah usia 17 tahun tapi belum mendapatkan KTP elektronik,ungkap Idham, bisa diantisipasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat untuk segera menerbitkan surat keterangan. 

"KPU sudah berkoordinasi dengan Disdukcapil setempat. Insya Allah tidak ada masalah. Sehingga mereka dapat kami  layani pada saat hari pemungutan suara,"terang Idham. 

Terkait kesiapan dari KPU di wilayah Jawa Tengah termasuk wilayah Solo Raya, Idham memastikan berjalan lancar. 

"Saya sudah koordinasi dengan jajaran KPU kabupaten/kota di Jateng bahwa semua tahapan berjalan lancar,"paparnya. ***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut