get app
inews
Aa Read Next : Gelombang Dukungan Menguat, Tani Merdeka Karanganyar Dorong Sudaryono  Maju Pilgub Jateng

Survei LSI Terbaru Sebut Suara Prabowo-Gibran Tertinggi, Peluang Pemilu Satu Putaran

Jum'at, 26 Januari 2024 | 16:23 WIB
header img
Hasil survei LSi Prabowo Gibran bisa menang satu putaran (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewskaranganyar.id - Survei terbaru dari Laboratorium Suara Indonesia atau LSI memprediksi peluang Pemilu bisa satu putaran. 

Hasil dari survei periode 6 -18  Januari  2024, pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka dipilih sebanyak 56,1 persen. Sedangkan Ganjar Pranowo - Mahfud MD dipilih sebanyak 23,4 persen, dan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar 13,7 persen dan tidak memilih sebanyak 6,8 persen 

Pengamat politik dari Universitas dr. Sutomo (UNITOMO) Surabaya, Machmud Suhermono angka yang didapat oleh Prabowo Subianto - Gibran ini konsisten dengan sejumlah indikator makro.

Terutama tingkat kepuasan masyarakat pada kinerja pemerintahan Jokowi  yang mencapai 84,8 persen. Hal ini berdampak pada tingkat elektabilitas Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming. 

Dan hasil survei ini menunjukkan bahwa Pemilihan Presiden (Pilpres) 14 Februari 2024  diprediksi berpotensi hanya berlangsung satu putaran.

Hasil survei LSI yang ditandatangani Direktur Eksekutifnya Albertus Dino menyebutkan, Pilpres satu putaran didasarkan dari survei terhadap 2200 responden di 34  provinsi di Indonesia.   Dengan tingkat kesalahan 2,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei memuat pertanyaan dari tiga pasangan capres yang akan maju nanti, pasangan mana yang akan ibu/bapak pilih?. Jawabannya sebanyak 56,1 persen memilih Prabowo Subianto- Gibran. Sebanyak 23,4 persen memilih Ganjar Pranowo -Mahfud MD. Dan sebanyak 13,7 persen memilih Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar. Sementara tidak memilih sebanyak 6,8 persen responden.

"Dari data survei ini jika dicoba dan dipilah ke segmentasi yang lebih detail, hasilnya cukup mengejutkan. Yakni Prabowo - Gibran unggul telak hampir di semua segmen. Yaitu dari jenis kelamin, agama, umur, suku, status ekonomi dan teritori para resonden," kata Albertus Dino.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut