get app
inews
Aa Read Next : Gibran Ngaku Dapat Banyak Selamat Termasuk Dari Petinggi PDIP

Singgung Kredibilitas KPU Surat Suara Hanya Dua Kolom, Ganjar : Masa Minta Maaf Terus

Kamis, 04 Januari 2024 | 21:52 WIB
header img
Singgung Kredibilitas KPU Surat Suara Hanya Dua Kolom, Ganjar : Masa Minta Maaf Terus (Foto: iNewskaranganyar.id/Lituhayu)

BROLA, Inewskaranganyar.id - Kasus kesalahan contoh surat suara hanya berisi dua kolom saat simulasi pencoblosan Pilpres 2024 oleh KPU di Solo dan Tangsel mendapat perhatian serius Ganjar Pranowo.

Capres 2024 nomor urut 3 itu meminta KPU serius melaksanakan tugas sebagai penyelenggara Pemilu demi menjaga kredibilitasnya.

"Ini KPU sebagai penyelenggara kok berkali-kali minta maaf terus ya. Kalau minta maaf terus, nanti kredibilitasnya dipertanyakan lho ya," ucap Ganjar usai bertemu TPD, TPC dan relawan di Blora, Kamis (4/1/2024).

Ganjar menerangkan, tak hanya sekali KPU melakukan kesalahan. Beberapa kali, KPU sebagai penyelenggara tidak bekerja dengan baik.

Misalnya terkait surat suara yang dikirim ke luar negeri, soal dugaan kebocoran data. Dan sekarang soal surat suara simulasi pencoblosan yang hanya dua kolom.

"Maka kami meminta, semua yang keluar dari KPU harus ada yang melakukan supervisi. Agar tidak terjadi kesalahan dan KPU benar-benar profesional," tegasnya.

Selain pada KPU, Ganjar juga meminta Bawaslu bekerja serius jelang perhelatan Pilpres 2024. Sebab saat ini, sejumlah pelanggaran kampanye sudah terjadi terang-terangan di kalangan masyarakat.

"Bawaslu mesti bertindak dan harus menunjukkan taringnya. Kalau tidak, lembaga ini tidak akan dipercaya. Dan kemudian semua akan mengambil tindakan. Itu tidak bagus untuk proses demokrasi. Gakumdu juga harus siaga dan mesti tegas soal itu," ucapnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut