get app
inews
Aa Read Next : Kisah Mistik Asal Usul Rawa Pening, Danau Misteri di Kaki Tiga Gunung

Misteri Gunung Malabar yang Penuh Kisah Horor, Raibnya Kerajaan Malabar

Senin, 11 Desember 2023 | 17:59 WIB
header img
Kisah Mistik Kerajaan Malabar di Pegunungan Malabar (Foto: Wikipedia)

BANDUNG, iNewskaranganyar.id - Gunung Malabar yang terletak di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini merupakan pegunungan yang berada di rangkaian pegunungan gunung Puntang dengan Puncak Meganya diketinggian 2.222 m dpal dan Gunung Haruman diketinggian 2.141 m dpal.

Nama Malabar sudah dikenal dan diabadikan dalam nama kerajaan, yaitu Kerajaan Malabar pada abad IV-V Masehi. 

Dikutip dari wikipedia, kerajaan ini merupakan satu di antara 46 kerajaan wilayah di bawah Kerajaan Tarumanagara, seperti yang tercantum dalam pustaka Rajya-rajya i Bhumi Nusantara, yang merupakan prosiding seminar yang dipimpin oleh Pangeran Wangsakerta dari Keraton Cirebon tahun 1677 M.

Nama Malabar sudah sangat terkenal pada saat itu, boleh jadi di puncak-puncaknya ada tempat-tempat yang disucikan sehingga seorang Bujangga Manik, rahib Kerajaan Sunda pada abad ke-15 sudah sangat mengenali gunung ini. 

Bujangga Manik menulis gunung ini dengan sebutan Bukit Malabar, seperti yang ditulisnya dalam perjalanan sucinya mengelilingi Pulau Jawa dan Pulau Bali.

Arti kata Malabar yang sangat termasyhur melewati rentangan zaman. Kata malabar sesungguhnya tidak biasa terdengar dalam ucapan bahasa Sunda sehingga orang selalu menghubungkan kata ini dengan nama tempat yang ada di India.

Jonathan Rigg (1862) berpendapat lain. Bisa jadi malabar berasal dari kata labar-lébér atau lébér-labar, yang berarti meluber, melebar ke semua arah. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut