get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Sahur Situbondo dan Sekitarnya Ramadhan hari ke 2, Rabu 13 Maret 2024

Misteri Kerajaan Siluman Hingga Penampakan Gaib Gunung Baluran Situbondo Bikin Bulu Kuduk Merinding

Sabtu, 19 Agustus 2023 | 22:10 WIB
header img
Gunung Baluran yang terletak di Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur ini masih menyimpan misteri (Foto: Tangkapan Lauar Yukpiknik)

SITUBONDO, iNewskaranganyar.id - Gunung Baluran yang terletak di Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur ini masih menyimpan misteri yang hingga kini masih belum terpecahkan. Gunung Baluran memiliki ketinggian 1.247 meter mdpl.

Salah satu misteri yang menyelimuti gunung Baluran ini yakni Kerajaan Kera Siluman. Konon, Raja Kera Siluman penguasa gunung Baluran ini akan muncul pada siapa saja yang mengotori kawasan hutan baluran.

Hutan Baluran sendiri masih dapat dikatakan liar. Disini banyak satwa liar tersebar secara bebas di area terbuka Baluran. Tidak hanya banteng, kijang, merak dan kera, konon keberadaan macan tutul masih dapat diketahui ketika senja menjelang.

Kendati gunung Baluran masih kalah tinggi dibandingkan gunung lainnya di tanah jawa, namun di gunung Baluran terdapat track pendakian juga memiliki spot ekstrem yang sulit dilalui oleh pendaki amatir. Apalagi ada banyak jurang yang menjadi area lintasan dengan kontur yang lembab. 

Jika musim penghujan tiba, area pendakian semakin licin dari biasanya, inilah yang menjadikan tracking di area ini harus ekstra hati-hati dengan stamina yang terjaga. Konon, kisah misteri Alas Baluran dimulai waktu menjelang senja. Saat senja inilah titik balik kehidupan gaib.

Di area Curah Tangis, kerap tercium bau bangkai seperti bau mayat yang sudah membusuk. Konon Curah Tangis menjadi lokasi pembuangan di masa Pemberontakan PKI tahun 1965.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut