get app
inews
Aa Read Next : Misteri Gunung Malabar yang Penuh Kisah Horor, Raibnya Kerajaan Malabar

Cerita Misteri Danau Linting di Sumut, Kedalamannya Penuh Misteri

Jum'at, 24 November 2023 | 17:08 WIB
header img
Danau Linting di Deliserdang, Sumatera Utara (Instagram @inesti_rudangta)

DELI SERDANG, iNewskaranganyar.id - Kisah mistis danau linting deli serdang hingga kini belum terpecahkan. Cerita misteri danau yang ada di lereng Gunung Manumpak dan Durian IV ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Danau seluas sekitar 1 hektar ini terletak di tiga desa, yakni Desa Sibunga-bunga, Gunung Manumpak, dan Durian IV Mbelang, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Danau alami ini terasa teduh karena dikelilingi pohon beringin yang rimbun. Warna airnya yang bernuansa hijau dan dipadu dengan tosca membuat suasana menjadi menenangkan.

Makanya, Danau Linting ini kerap dijadikan sebagai destinasi wisata bagi mereka yang ingin melarikan diri sejenak dari rutinitas sehari-hari yang padat dan membosankan.

Dibalik keindahannya yang memesona, ternyata ada kisah mistis yang diyakini warga sekitar terkait terbentuknya Danau Linting. Konon, wilayah di tiga desa tersebut sebelumnya adalah sebuah bukit.

Namun, pada suatu malam terjadi getaran hebat semacam gempa yang diikuti dengan ledakan besar. Pada keesokan harinya, warga melihat di lokasi tersebut terbentuk sebuah danau yang sangat dalam.

Mengutip akun Instagram @ayodolan, walau berair jernih dan hangat, tetapi pengunjung tidak boleh sembarangan berenang atau berendam di Danau Linting.

Pengelola mengatakan, pengunjung hanya boleh bermain dan merasakan hangatnya air hanya di tepi saja, karena hingga saat ini kedalaman danau masih menjadi misteri.

Hingga saat ini belum ada yang bisa mengukur kedalaman danau tersebut. Menurut warga setempat, pernah ada peneliti asing yang mencoba mengukur dengan cara manual.

Mereka mencoba mengukur dengan tali yang satu gulungnya sepanjang 100 meter. Tetapi, ketika mereka sudah menghabiskan tiga gulung, tali tersebut belum juga menyentuh dasar danau. Diduga, di dasar Gunung Linting terdapat gua atau berbentuk seperti sumur yang sangat dalam.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut