get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Kebakaran Hutan Gunung Lawu di Ngawi Meluas Masuk Wilayah Karanganyar Hingga Puncak

Minggu, 01 Oktober 2023 | 16:45 WIB
header img
Api kebakaran hutan di Jogorogo, Ngawi Meluas mengarah ke puncak, Warung Mbok Yem di Pos V sudah dikepung api (Foto: Ist)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Kebakaran hutan dan lahan di lereng Gunung Lawu, terus meluas. Otoritas setempat menyebutkan api yang melahap lereng Lawu Utara, tepatnya di wilayah Jogorogo, Ngawi, Jawa Timur sudah meluas hingga ke Pos 5 puncak gunung Lawu.

Informasi yang diterima iNewskaranganyar.id, rembetan api itupun sudah sampai ke warung tertinggi di Indonesia berada pos 5.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Juli Padmi Handayani mengatakan sebanyak 246 personil gabungan sukarelawan dari berbagai organisasi, TNI, Polri, BPBD Karanganyar dan Perhutani area Surakarta telah diberangkatkan untuk memadamkan api ke puncak Gunung Lawu pada Minggu (1/10/2023) pagi. 

Ia mengatakan kebakaran meluas ke wilayah Ondo Rante tepatnya di bawah Pos 5 jalur pendakian Gunung Lawu.


Api sudah menjalar hinggan warung mbok Yem yang berada di pos V (Foto: Ist)

 

Saat ini titik api terpantau menyebar di tiga lokasi, yakni wilayah Babar, jalur Cetho dan jalur air. 

"Tiupan angin kencang membuat api yang saat ini masih membara merembet dengan cepat merembet ke lokasi lain," papar Juli pada wartawan, Minggu (1/10/2023).

Beberapa petugas sempat menjangkau titik api, namun api memang sangat sulit untuk dipadamkan. Petugas juga tidak berani mengambil risiko jika berlama-lama di lokasi titik api.

"Ada banyak risiko jika kami memaksakan untuk melakukan pemadaman secara manual ke titik api, karena angin bisa saja berhembus kencang ke arah kita yang bisa menyebabkan sesak nafas, terjebak api dan yang lainnya," kata Juli.

Oleh sebab itu, pihaknya hanya bisa melakukan pemantauan saja, supaya api tidak sampai merembet ke lahan lainnya. Sembari berharap bisa turun hujan.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut