get app
inews
Aa Read Next : Menyibak Mitos Telinga Berdenging Menurut Primbon Jawa, Pernah Mengalaminya?

Mitos Dibalik Keindahan Curug Balong Endah, Sosok Gaib Berwajah Pucat Penunggu Air Terjun

Senin, 18 September 2023 | 16:58 WIB
header img
Mitos Dibalik Keindahan Curug Balong Endah, Sosok Gaib Berwajah Pucat Penunggu Air Terjun (Foto: Tangkapan Layar Instagram @Ade Novriadi)

BOGOR, iNewskaranganyar.id - Curug Balong Endah salah satu lokasi wisata yang ada di Taman Nasional Gunung Halimun Salah Endah ini sangat indah pemandangannya. Lokasi wisata ini terletak di Bogor tepatnya Kecamatan Pamijahan. Sehingga tidak terlalu jauh dari ibu kota.

Mengutip dari akun instagram @ayodolan, Curug Leuwi Balong Endah terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Bogor. Lokasi wisata ini baru dibuka pada awal 2017.

Keberadaan Curug Leuwi Balong Endah tepat di atas Curug Kondang dan di bawah Curug Pangeran. Kedua curug tersebut sudah lebih dulu populer karena dibuka sejak 2015. Maka itu, pengunjung sempat keliru terkait letak Leuwi Balong Endah.

Jika wisatawan ingin berkunjung ke Leuwi Balong Endah, dari arah Jakarta via Dramaga atau Ciampea, cari pertigaan yang menuju arah Cibatok dan ikuti jalan lurus hingga jalan utama menuju pintu masuk Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Setelah memasuki kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, pengunjung akan melewati empat kawasan curug lainnya yakni Curug Ciherang, Curug Ngumpet 1, Curug Kondang, dan Curug Goa Lumut.

Setelah melewati keempat curug tersebut, wisatawan akan menemukan pintu masuk Curug Pangeran di sebelah kiri. Dari situ akan menemukan pintu masuk ke Leuwi Balong yang satu kawasan dan satu tiket dengan Curug Pangeran.

Pengunjung yang memasuki Curug Balong Endah harus membayar harga tiket sebesar Rp7.500 per orang. Sebelumnya, di depan pintu masuk Kawasan Gunung Halimun, pengunjung juga akan dikenakan biaya Rp10.000.Jika membawa kendaraan, ada biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 jika menggunakan mobil. Meski biaya yang dikeluarkan cukup banyak, semuanya akan lunas terbayar manakala Anda menyaksikan panorama Leuwi Balong Endah.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut