get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Wow, Kambing PE Kaligesing Berusia 6 Bulan Sabet Juara di Piala Presiden

Sabtu, 02 September 2023 | 19:57 WIB
header img
Wow, Kambing PE Kaligesing Berusia 6 Bulan Sabet Juara di Piala Presiden (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR,iNewskaranganyar.id - Namanya keren, Kejora kambing betina yang baru berusia 6 bulan itu berhasil memboyong Piala Presiden. Piala Presiden digelar sebagai bagian dari acara Silaturahmi Nasional Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia di Wonder Park, Tawangmangu, Karanganyar, Sabtu (2/9/2023).

Teguh Sakti peternak asal Grobogan, Jawa Tengah ini berbagi kisah cara merawat Kejora hingga mampu keluar sebagai juara piala Presiden sebanyak 3 kali. Teguh mengatakan setiap hari diberinya makanan bergizi tinggi. 

"Biaya perawatannya ya lumayan. Karena untuk perawatan bulu, pakai sampo khusus. Belum perawatan lainnya. Karena dalam kontes, yang dinilai kan macam-macam. Ada kebersihan bulu, bentuk telinga, bentuk tanduk, kaki, dan sebagainya,"jelas Teguh.

Ia mengatakan sebagai peternak kambing jenis PE Kaligesing, Teguh kerap mengikuti berbagai kontes yang digelar. Agar kambingnya tampil terbaik, setiap hari dilakukan perawatan. Mulai dari pemberian vitamin, perawatan bulu, hingga dimandikan agar bersih.

Diakuinya, bila kambing PE Kaligesing ini pernah keluar sebagai juara, maka harganya pun bisa melambung. Kejora, menurut Teguh, pernah ditawar Rp 30 juta. 

"Saya masih senang merawatnya,jadi belum saya lepas," imbuhnya.

Piala Presiden kali ini memecahkan rekor jumlah peserta. Tercatat 500 ekor kambing mengikuti kontes. Ketua DPD HPDKI Jateng Rony Avianto menjelaskan, acara di Tawangmangu merupakan rangkaian kedua, dari tiga kontes yang digelar HPDKI.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut