get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

9 Hektare Hutan Lereng Gunung Lawu Ludes Terbakar, Pemadaman Masih Berlangsung

Rabu, 30 Agustus 2023 | 21:38 WIB
header img
9 Hektare Hutan Gunung Lawu Ludes Terbakar, Pemadaman Masih Berlangsung

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Lahan hutan di Gunung Lawu kembali terbakar. Kebakaran lahan di lereng Gunung Lawu itu terjadi di sisi utara wilayah Desa Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Rabu (30/8/2023). Kondisi saat ini, api belum bisa dipadamkan. 

Asper BKPH Lawu Utara, Sartono mengatakan Kebakaran terjadi sekitar pukul 09.30 WIB. Saat ini tengah dilakukan pemadaman api secara manual. Agar api tak meluas, penyekatan titik api dilakukan. Penyekatan titik api ini dilakukan agar kebakaran tak kian luas.

"Puluhan personel gabungan dari BKPH Lawu Utara, KSKPH Surakarta, Polsek Tawangmangu, LMDH Dono Lestari, MPA Singo Lawu, Babinsa dan masyarakat sekitar hutan tengah melakukan penyekatan dengan peralatan seperti cangkul, sabit dan parang,"terangnya.

Ia mengatakan, lahan yang terbakar terdeteksi di petak 42-1 RPH Tlogodringo BKPH Lawu Utara. Luas lahan di lereng Gunung Lawu yang terbakar 9 hektare.

"Api belum dapat dipadamkan dan saat ini masih dalam upaya pemadaman,"papar Sartono,pada wartawan, Rabu (30/8/2023).

Ia mengatakan, kebakaran lahan dilereng Gunung Lawu itu pertama kali diketahui salah satu anggota LMDH Dono Lestari Nuryono. Kebetulan, lahan yang terbakar, masuk wilayah pangkuan LMDH Dono Lestari.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut