get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Awali Masa Kuliah Awal, UMUKA Karanganyar Siapkan Asrama untuk Mahasiswa Perantau

Selasa, 29 Agustus 2023 | 16:53 WIB
header img
Awali Masa Kuliah Awal, UMUKA Karanganyar Siapkan Asrama untuk Mahasiswa Perantau (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Sebanyak 242 orang mahasiswa baru (maba) Universitas MMuhammadiyah Karanganyar (UMUKA) mengawali masa Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Masa Taaruf (PKKMB-Masta) di kampus yang baru saja didirikan.

Mengawali awal Masa Taaruf (PKKMB-Masta) di UMUKA, 242 orang mahasiswa baru ini mendengarkan pemaparan langsung dari mantan Rektor Universitas Sebelas maret (UNS) yang saat ini menjabat sebagai Staf Khusus Menteri PMK, Ravik Karsidi.

Dihadapan para mahasiswa baru, Ravik Karsidi memaparkan perubahaan masalah bangsa yang begitu cepat. Ravik meminta agar para mahasiswa UMUKA nisa beradaptasi dengan kondisi saat ini.

"Saat lulus nanti, diandalkan membangun peradaban. Tak kalah penting berakhlakul karimah dan menjunjung tinggi kebangsaan. Berkeislaman dan berindonesia,"papar Ravik Karsidi pada mahasiswa melalui Zoom Metting, Selasa (29/8/2023).

Ravik itu pun juga mengajak maba untuk mendalami tradisi spiritual keagamaan, banyak berzikir dan bermunajat kepada Allah SWT, mengawali setiap kegiatan keseharian dengan Salat Dhuha, serta banyak banyak melakukan Salat Hajat karena semua unsur pengembangan keduniawian terpusat pada Keilahian.

"Mahasiswa UMUKA harus terbuka, rendah hati, tekun belajar, tidak sombong, mencintai kampus, mencintai Indonesia, berpikir positif,"ungkapnya.

Meski tergolong Universitas baru, ungkap Ravik, Umuka mampu mencetak lulusan dengan kriteria tersebut. Selama perkuliahan, pendidikan akhlak harus dominan. Kecerdasan berpikir dan spiritual membantu mereka mengarahkan keputusan secara bijak.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut