get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

462 Orang Masuk DCS Pileg Karanganyar 2024

Jum'at, 18 Agustus 2023 | 15:00 WIB
header img
Komisioner KPU Karanganyar Divisi Teknis Penyelenggaraan Muhammad Maksum menyebut 462 Orang Masuk DCS Pileg Karanganyar 2024 (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Sebanyak 462 nama masuk kedalam daftar calon anggota legislatif (Caleg). Bila 462 nama itu lolos DCT, maka para caleg yang diusulkan 18 parpol perserta pemilu siap mengincar 45 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karanganyar.

Komisioner KPU Karanganyar Divisi Teknis Penyelenggaraan Muhammad Maksum mengatakan jumlah itu menyusut dari jumlah terakhir hasil pencermatan DCS oleh partai yang sebanyak 516 orang.

Berdasarkan hasil verifikasi administrasi (vermin), terdapat 54 bakal caleg yang tidak memenuhi syarat (TMS). Sedangkan yang memenuhi syarat (MS) dan namanya masuk DCS sebanyak 462 orang.

"Penetapan 462 orang yang masuk DCS dilakukan melalui rapat pleno KPU pada Jumat (18/8/2023) pagi. Ada 54 bakal caleg, yang namanya tidak masuk DCS karena dokumen persyaratannya tidak sesuai,"papar Maksum saat ditemui wartawan usai pelantikan antar waktu (PAW) anggota DPRD. 

Ia mengatakan, dokumen persyaratan yang tidak sesuai sehingga menyebabkan 54 Caleg gugur diantaranya dokumen kesehatan, dokumen dari Pengadilan Negeri (PN), atau syarat ijazah yang tidak sesuai. 

"Mereka tersebar di berbagai partai diantaranya Partai Buruh, PSI, Partai Ummat dan Partai Garuda," terangnya.

Karena tidak masuk DCS, otomatis 54 bakal caleg tersebut tidak bisa ikut berkontestasi dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

Sedangkan untuk 462 nama bakal caleg yang masuk DCS, secara regulasi, akan diumumkan ke masyarakat lewat media cetak dan elektronik pada 19-23 Agustus.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut