get app
inews
Aa Read Next : Misteri Gunung Malabar yang Penuh Kisah Horor, Raibnya Kerajaan Malabar

Bikin Bulu Kuduk Merinding, Misteri Gaib Dibalik Keindahan Gunung Telomoyo

Selasa, 01 Agustus 2023 | 21:00 WIB
header img
Misteri Dibalik Keindahan Gunung Telomoyo di Semarang (Foto: Tangkapan Layar Instagram)

SEMARANG, iNewskaranganyar.id - Gunung Telomoyo salah satu gunung yang ada di tanah Jawa. Gunung Telomoyo sendiri memisahkan dua wilayah yakni Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Gunung ini memiliki ketinggian 1.894 m dpl dan merupakan gunung api yang berbentuk strato (kerucut) tetapi belum pernah tercatat meletus. Ia terlihat dari kota-kota sekitarnya, seperti Salatiga, Ambarawa, dan Secang, Magelang.

Gunung ini diapit oleh Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Sumbing, dan Gunung Ungaran. Gunung Telomoyo ini terbentuk dari sisi selatan Gunung Soropati yang telah tererosi dan runtuh sejak masa Pleistosen. 

Akibat runtuhan ini, terbentuk cekungan berbentuk U yang membuka ke arah tenggara. Gunung Telomoyo muncul di sebelah selatan depresi ini setinggi 600 m dari dasar cekungan.

Jalur ke puncak Gunung Telomoyo telah diaspal sehingga dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan maupun berjalan kaki. Terdapat air terjun kecil di pertengahan jalan menuju puncak gunung. Pemandangan di sekitar gunung ini sangat bagus. Di puncak gunung ini sekarang banyak didirikan menara penerus sinyal radio.

Seperti gunung pada umumnya, kisah mistis inipun menyelimuti Gunung Telomoyo. Di balik keindahan alam Gunung Telomoyo yang mampu menghipnotis siapa saja, Gunung Telomoyo ini menyimpan kisah sedih adanya tragedi meninggalnya seluruh kru pewayangan secara tiba-tiba.

Tragedi itu sendiri terjadi di Dusun Sepayung, Ngablak, Magelang. Saat itu rombongan pewayang ini tengah menggelar pertunjukan wayang didesa tersebut. Tak jauh dari lokasi pertunjukan terdapat makam kuno. Entah siapa yang dimakamkan di tempat tersebut.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut