get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Dukung Ekosistem Bendungan, Tebar 25 Ribu Benih Ikan di Waduk Tirto Marto Delingan Karanganyar

Kamis, 27 Juli 2023 | 22:05 WIB
header img
Dukung Ekosistem Bendungan, Tebar 25 Ribu Benih Ikan di Waduk Tirto Marto Delingan Karanganyar (foto: Ist)

KARANGANYAR,iNewskaranganyar.id - Sebanyak 25 ribu benih ikan nila disebar di Bendungan atau Waduk Tirto Marto Delingan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Kamis (27/7/2023). Hal itu diharapkan menjaga ekosistem waduk.

Penebaran benih ikan dilakukan Perum Jasa Tirta I Jawa Tengah bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Perikanan Pemkab Karanganyar. Kegiatan tabur bibit ikan ini merupakan yang kedua setelah 2022 di wilayah Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS).

Kepala Sub Divisi Jasa ASA III/I Surakarta Fendri Ferdian mengatakan dipilihnya bibit nila ini dikarenakan tahan kondisi cuaca.

"Disesuaikan dengan kondisi dimana bibit ikan itu dilepas. Apalagi, penyusutan elevasi air mulai masif seiring musim kemarau. Cuaca ekstrem mematikan biota air terutama bibit. Sehingga, dipilih bibit ikan tahan cuaca ekstrem,"papar Fendri Ferdian, Kamis (27/7/2023).

Manfaat lainnya, lanjut Fendri, penebaran benih ikan sebagai wujud implementasi dari program pemerintah mewujudkan kemandirian dan kedaulatan pangan nasional.

Demi menjaga kelestarian ikan yang ditebar, Fendri mewanti-wanti masyarakat tidak tergesa-gesa menangkap atau menjaringnya. Diperkirakan, tujuh sampai delapan bulan lagi ikan sudah besar dan berkembang biak.

Bila sudah waktunya, Fendri mempersilakan masyarakat dan petani nelayan rakyat mengambil ikan di waduk. Hanya saja jangan memakai jala pukat harimau.

"Jangan pakai pukat harimau yang menjaring semua sampai bibit ikan. Biarkan ikan tumbuh dulu," terangnya. 

Ia mempersilakan pihak lain maupun warga sekitar menebar ikan berbagai jenis untuk membantu menjaga ekosistem. Meski terjadi penurunan elevasi di musim kemarau, namun ia memprediksi air masih mencukupi kebutuhan irigasi dan daur hidup biota air.

"Sebenarnya tebar ikan enggak hanya di sini. Tapi juga di Wonogiri, Mulur, Bendung Colo. Waduk Lalung belum,"terangnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut