get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Cara Warga Desa Karangpandan Karanganyar Bangun Keakraban Antar Masyarakat Melalui Popdes

Sabtu, 01 Juli 2023 | 22:19 WIB
header img
Cabang Olahraga salah satu cabor olahraga yang dipertandingkan saat Popdes di Desa Karangpandan, Karanganyar (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR,iNewskaranganyar.id - Ada saja ide kreatif Desa Karangpandan, Karanganyar untuk meningkatkan solidaritas, kerukunan dan silaturahmi para pemuda-pemuda dari tingkat rt, rw, dusun, di Desa Karangpandan. Dimana Desa yang masuk di lereng Gunung Lawu menggelar ini Pekan Olahraga Desa (Popdes). 

Selama satu bulan, para pemuda di Desa Karangpandan ini akan berlaga diempat cabang olahraga diantaranya bola voley, badminton, tenis meja dan sepakbola. Popdes ini digelar bertujuan untuk menjauhkan para pemuda dari hal-hal negatif.

Menandai awal mula perhelatan Pekan Olahraga Desa, yang dibuka secara resmi dibuka oleh Tokoh masyarakat, Sri Harjono yang kebetulan anggota DPRD sekaligus Sekertaris DPC PDIP Karanganyar, digelar laga sepakbola, mempertemukan kesebelasan Klatak melawan Sawahan. 

Laga itu sendiri digelar di Lapangan bola Desa Karangpandan. Kendati tim yang berlaga hanya antar dusun di Desa Karangpandan, namun antusias warga menyaksikan laga pembuka Popdes ini sangat luar biasa.

Kades Karangpandan, Danan Edy Ruslanjari mengatakan Popdes ini digelar untuk menggali potensi bibit olahragawan dari Desa Karangpandan.

"Kegiatan ini selain untuk mencari bibit-bibit atlet, juga ditujukan untuk mengajak masyarakat agar hidup sehat. Karena dalam membangun Karangpandan yang sehat harus dimulai dari masyarakatnya, artinya dari Desa menggugah masyarakat agar menjaga kesehatan jasmani dan rohaninya,"papar Danan Edy Ruslanjari, Sabtu (1/7/2023).

Ia menambahkan untuk Popdes ini sudah berlangsung sejak Juni mulai dari badminton, voley sedangkan untuk Juli ini digelar cabang olahraga tenis meja dan puncaknya sepakbola yang melibatkan 11 klub lokal dan 7 klub tingkat dusun.

"Prinsipnya meriah profesional dan sukur tergali bibit baru calon atlet,"ujarnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut